Tuesday, October 4, 2016

Cara Install Laravel Menggunakan Composer

Assalamualaikum Pengunjung setia blog Techno . Apa kabar kalian semua ??? . Mudah - mudahan sehat selalu . Kali ini kita tidak akan membahas node.js lagi sob , kan suntuk juga kalo yang kita bahas asik node.js melulu . Untuk postingan kali ini kita akan sedikit bergesar ke framework Php yang sedang naik gunung :v . Yup apa lagi kalo bukan Framework Laravel .


Bagi anda yang masih sangat awam terhadap framework yang satu ini , anda tidak perlu khawatir , karena seperti biasa kita akan mengupas tentang si laravel ini sampai tuntas hehehe . Yops mari kita mulai dari definisi laravel , semua dokumen penjelasan tentang laravel ini saya ambil dari wikipedia indonesia .

Tentang Laravel 


Laravel merupakan web application framework berbasis PHP yang open source, menggunakan konsep model–view–controller (MVC). Laravel berada dibawah lisensi MIT License, dengan menggunakan GitHub sebagai tempat berbagi kode [3][4][5].
Desember 2013, Laravel menempati PHP framework terpopuler dan berada diatas PHP framework lain seperti Phalcon, Symfony2, CodeIgniter dan lainnya [6].

Oke sob kalian sudah paham kan sekarang apa itu laravel , Oleh karena kalian sudah paham maka kita akan lanjut untuk menginstall composer terlebih dahulu . Satu lagi nih sob bagi kalian yang belum tau apa itu composer , yok ayo kita kupas lagi .

Tentang Composer


Composer adalah manajer paket aplikasi - level untuk pemrograman php yang menyediakan format standar untuk mengelola dependensi software Php dan diperlukan perpustakaan . Composer ini dikembangkan oleh Nils Adermann dan jordi bogiiano .


Oke sekarang kalian seharusnya sudah tau apa itu composer , simple nya begini sob , komposer itu adalah sebuah package untuk menjalankan laravel . 

Nah sekarang kita akan menginstall komposer , untuk menginstall komposer kita perlu mengunduhnya terlebih dahulu . 

Download komposer di alamat resmi komposer --> Composer . Setelah anda tiba di halaman download composer anda dapat mengunduh composer dengan cara klik pada bagian Composer-setup.exe- , Untuk lebih jelasnya kalian dapat melihat gambar dibawah ini .


Setelah anda unduh , maka install composer seperti aplikasi pada umunya , tinggal next , next , next , dan finish . 
Untuk memastikan apakah composer anda sudah terinstall atau belum anda dapat mengeceknya dengan menggunakan cmd , caranya :

Ketikkan command berikut di CMD anda :
Composer -V --> Enter 


Yosh , kta sudah menginstall Composer , selanjutnya kita akan memanfaatkan composer untuk mengunduh sekaligus menginstall laravel , caranya ??? . Tenang tak kupas semua disini cuy akakaka .

Buka CMD Anda dan ketikkan perintah berikut :

composer create-project laravel/laravel=5.3 --prefer-dist

Setelah anda menjalankan perintah diatas , Silahkan anda tunggu sampai proses instalasi selesai , Yaaa waktu instalasinya akan memakan waktu yang lumayan lama tergantung kecepatan serta kestabilan koneksi anda . 

Oke sob , setelah anda lelah menunggu saatnya kita mengecek apakah project laravel kita sudah terinstall dengan baik , Caranya ??? .

Buka CMD lagi dan ketikkan perintah berikut :

cd/ --> Enter
cd xampp/htdocs/laravel/ --> Enter 
php artisan serve --> Enter 

Penjelasan :
cd --> berfungsi untuk pindah ke direktori c:
cd xampp/htdocs/laravel/ --> Adalah letak project laravel saya , anda dapat menyesuaikan letaknya sesuai dengan letak project laravel yang anda install .
php artisan serve --> berfungsi untuk menjalankan laravel pada localhost dengan port:8000

Setalah anda menjalankan perintah diatas , sekarang kita check apakah laravel sudah terinstall dengan benar , caranya , buka browser anda dan ketikkan localhost:8000 pada alamat url browser anda . Bila berhasil maka akan muncul halaman index laravel .

Untuk halaman index , saya sudah merubah nya , nanti saya akan coba membuat article nya juga Insya Allah .

Oke sob . cukup mudah kan dalam menginstall laravel , Saya rasa cukup sekian dulu , bila ada kritik dan saran monggo saya tunggu .