Baca Juga


Cara Membuat BOT Telegram Dengan PHP - Ohayo sahabat techno kali ini balik lagi dengan admin yang sederhana ini. Kali ini saya akan mengupdate lagi tutorial pada blog kesayangan kita bersama ini. Pada pembahasan yang sudah - sudah kita hampir selalu membahas tutorial yang berkenaan dengan pengoperasian maupun konverting. Namun tidak dengan hari ini, kali ini kita akan kembali membahas dunia programming, penasaran ? langsung saja disimak ya sahabat techno.


Cara Membuat BOT Telegram Dengan PHP

Apakah anda sebelumnya sudah pernah mendengar istilah dari WebBot, Bot Internet atau Bot Telegram mungkin ?. Istilah BOT sendiri digunakan untuk sebutan Robot yang menjalankan suatu tugas tertentu secara otomatis sesuai dengan instruksi dari sang programmer. Katakanlah Bot Cuaca yang akan terus memberikan update terkini mengenai info cuaca sesuai dengan permintaan user. Nah BOT Telegram mampu menghandle atau menjalankan tugas tersebut, dengan menggunakan Telegram API kita dapat membuat BOT apapun yang kita inginkan, semisal, Bot Marketing, Bot Update News, Bot Promo Sosmed dan banyak lagi.

Namun pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas bagaimana caranya membuat bot - bot seperti tersebut diatas, kenapa ? karena untuk membuat bot itu harus belajar dasar - dasarnya dahulu toh. Maka dari itu kali ini saya akan memberikan tutorial Cara Membuat BOT Telegram Dengan PHP.

1. Untuk langkah yang pertama silahkan anda download Telegram Desktop guna memudahkan kita dalam proses develop Bot.



Silahkan anda unduh pada web telegram dan install seperti Software pada umumnya, Namun bagi anda yang belum memiliki Telegram Desktop silahkan pencet tombol download dibawah ya !.


https://telegram.org/dl/desktop/win


2. Next bila sudah diinstall langsung saja buka telegram desktopnya dan silahkan masuk kedalam akun telegram anda, bila belum memiliki akun silahkan anda buat terlebih dahulu ya. 




3. Next silahkan anda cari username dengan nama @BotFather pada kolom pencarian dan langsung saja klik start untuk memulai proses pembuatan bot nya



4. Next ketikkan perintah /newboot, untuk membuat bot baru, bila muncul sebuah perintah maka itu adalah perintah dari bot father untuk meminta anda memasukkan nama bot anda.
Masukkan nama bot anda dan Enter.



5. Langkah berikutnya botfather akan meminta anda untuk membuat nama username bot anda, sedikit catatan untuk username harus diakhiri dengan bot pada nama belakangnya. Contoh, technobot, ini merupakan username yang diperbolehkan. Ingat harus ada bot pada akhir username bot anda.



6. Ok bila username telah anda masukkan maka selamat bot anda sudah terdaftar sekarang pada telegram, untuk pembuktiannya silahkan anda cari nama bot anda pada kolom pencarian kontak.




Namun permasalahannya adalah ketika anda mencoba berinteraksi dengan bot anda maka tidak akan ada respon apapun dari bot anda. Nah disinilah letak kinerja script PHP yang akan kita buat sebentar lagi.

Sebelum membuat scriptnya pastikan anda sudah paham dasar - dasar dari pemrograman PHP ya. Dan untuk text editornya saya cenderung lebih suka menggunakan sublime text karena lebih ringan dan simple.

1. Silahkan anda buka text editor anda dan masukkan script di bawah ini, Namun ada sedikit catatan ni sobat techno. Pada pembuatan bot telegram bisa menggunakan 2 metode yaitu 

  1. Metode polling / script akan dieksekusi secara localhost
  2. Webhook / script akan dieksekusi secara online
Pada kesempatan kali ini kita menggunakan metode polling yang mana script PHP kita akan di eksekusi / dijalankan secara localhost. Maka dari itu saya sarankan anda sudah menginstall Xampp.

Berikut Code PHP Bot Nya.




Silahkan anda copy kan code PHP diatas dan pastekan pada text editor anda. dan sekarang coba interaksi dengan bot anda :).