Baca Juga


Belajar Pemrograman Web Css Dasar Untuk Pemula Lengkap - Halo sahabat techno Berjumpa lagi dengan saya admin dari blog techno tentunya. Baiklah teman - teman pada kesempatan kali ini kita kembali akan melanjutkan pembelajaran Pemrograman Web Dasar kita, Pada beberapa pembahasan sebelumnya kita telah menuntuskan mempelajari seputar Sejarah Web browser, Web Programming, dan mempelajari pula bahasa HTML. Dan pada seri ini kita akan memasuki seri pembelajaran CSS, Jadi saya minta kepada teman - teman untuk fokus supaya pembelajarannya bisa masuk dengan maksimal.

belajar pemrograman web, tutorial css, belajar css untuk pemula

Ok teman - teman disini kita akan berkenalan terlebih dahulu ya dengan yang punya nama CSS itu. Dan seperti biasa ya, Kita tidak akan langsung masuk ketahap coding. Namun disini kita akan bahas apa - apa saja hal yang berkaitan dengan CSS ini, Seperti, Sejarah CSS, Definisi CSS, Mengapa Perlu Mempelajari CSS, Apa untungnya Mempelajari CSS, Serta Hubungannya Dengan HTML.

Sejarang Cascading Style Sheet ( CSS ) 

Nama CSS didapat dari fakta bahwa setiap deklarasi style yang berbeda dapat diletakkan secara berurutan, yang kemudian membentuk hubungan ayah-anak (parent-child) pada setiap style.[3] CSS sendiri merupakan sebuah teknologi internet yang direkomendasikan oleh World Wide Web Consortium atau W3C pada tahun 1996.[2] Setelah CSS distandardisasikan, Internet Explorer dan Netscape melepas browser terbaru mereka yang telah sesuai atau paling tidak hampir mendekati dengan standar CSS.[3]


Definisi Cascading Style Sheet ( CSS ) 



Cascading Style Sheet (CSS) merupakan aturan untuk mengatur beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. CSS bukan merupakan bahasa pemograman.
Sama halnya styles dalam aplikasi pengolahan kata seperti Microsoft Word yang dapat mengatur beberapa style, misalnya heading, subbab, bodytext, footer, images, dan style lainnya untuk dapat digunakan bersama-sama dalam beberapa berkas (file).[1] Pada umumnya CSS dipakai untuk memformat tampilan halaman web yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML.[1]
CSS dapat mengendalikan ukuran gambar, warna bagian tubuh pada teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri, kanan, atas, bawah, dan parameter lainnya.[1] CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen.[2] Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda.[2]
  
Mengapa Perlu Mempelajari CSS ?

Pertanyaan ini mungkin saja muncul di pikiran teman - teman, Sebenarnya Css itu perlu apa tidak sih ?, Nah untuk pertanyaan semacam ini dapat saya pastikan jawabannya adalah sangat - sangat diperlukan, direkomendasikan, dan diwajibkan bagi anda seorang Web Programmer. Karena tanpa anda mempelajari CSS ini bagaimana mungkin anda membuat sebuah tampilan website yang menarik ?. Dengan menggunakan CSS memungkinkannya anda untuk membuat tampilan website anda jauh lebih menarik daripada hanya menggunakan HTML. Nanti pada pembahasan selanjutnya saya akan perlihatkan betapa serunya bermain dengan si CSS ini.

Hubungan Antara HTML Dan CSS

Bagi anda yang telah mengikuti artikel HTML yang bagian pembahasan terakhir disana kita telah membuat sebuah kerangka  website yang amat sangat sederhana, dan didalamnya kita tidak hanya menggunakan HTML saja namun juga menggabungkannya dengan CSS. Nah dari kasus itu saja dapat kita tarik kesimpulan bahwa hanya dengan sedikit kombinasi antara HTML dan CSS saja dapat menghasilkan hasil yang lumayan menarik, Apalagi kalau kita implementasikan CSS ini kedalam HTML kita akan kebayangkan bagaimana jadinya.

Ok baiklah teman - teman untuk pembahasan CSS kita cukupkan sampai disini dan next materi Insya Allah kita akan membuat sesuatu seperti ini :