Baca Juga


Tutorial Belajar Pemrograman Python - Techno Evolution Blog - Assalamualaikum sahabat techno berjumpa lagi ni dengan saya admin yang sederhana dan selalu merasa serba kekurangan ini. Seperti padi, kian berisi kian merunduk, artinya: semakin tinggi ilmunya semakin rendah hatinya. kalau sudah pandai jangan sombong, selalulah rendah hati ya sahabat techno. Karena ingatlah bila anda merasa sudah sangat - sangat hebat maka camkan bahwa masi ada segelintir orang yang jauh lebih baik daripada anda namun mereka tidak berbangga diri. 


Python merupakan salah satu dari sekian banyaknya bahasa pemrograman yang sudah muncul pada abad ke 21 ini. Bahasa pemrograman yang satu ini adalah tipe bahasa pemrograman yang interpretatif dan multiguna. Tidak seperti kebanyakan bahasa pemrograman yang mana mungkin akan sangat sulit dipelajari, Python menawarkan pembacaan kode yang lebih simple dan kompleks, supaya lebih mudah dipelajari oleh semua kalangan. Nah untuk penjelasan bahasa pemrograman python lebih lanjut silahkan anda baca pada halaman resminya ya.


Tutorial Belajar Pemrograman Python - Techno Evolution Blog

Bagaimana sahabat techno ? sudah paham kan apa itu Python ?, jadi jangan ada lagi diantara anda yang pertama kali melihat ataupun membaca kata " PYTHON", berpikiran bahwa ini adalah salah satu dari jenis ular ya hahaha. Ya memang harus diakui dari pihak pembuat Python nya sendiri pun menjadikan logo ular python sebagai brand dari komunitas mereka. Untuk mempelajari bahasa pemrograman yang satu ini sangat - sangat mudah dan saya yakin dengan pembelajaran dan tepat serta terus menerus dipraktekkan maka anda akan terbiasan dengan bahasa pemrograman ular sendok ini. 

Supaya tidak semakin penasaran dan tidak sabaran anda maka langsung saja kita masuk kedalam pembahasan pada minggu ini yaitu, Belajar Bahasa Pemrograman Python Untuk Pemula.

1. Persiapan file dan konfigurasi dasar dalam mempelajari Python

Hal pertama sekali yang perlu anda persiapkan untuk belajar python adalah anda harus memiliki aplikasi python yang sudah terinstall dengan baik pada sistem operasi komputer / Laptop anda. Tenang saja sahabat techno bahasa pemrograman ini sudah mendukung multi platform yaitu, mampu berjalan pada sistem operasi manapun baik itu Windows, Linux, maupun Mac OsX. 



Silahkan anda klik tombol download diatas untuk mengunduh file pythonnya. Silahkan anda pilih sesuai sistem operasi anda, dan install seperti biasanya. Ataupun anda bisa mengikuti instruksi penginstalan dibawah ini. 

2. Cara Install Python Pada Windows

Karena pada kasus ini saya menggunakan sistem operasi Windows, maka saya mengucapkan maaf yang sebesar - besanya kepada user Linux, maupun Mac OsX barangkali. Jadi bagi anda Pengguna Windows setelah anda mendownload software nya silahkan anda klik install. 


Cara Install Python Pada Windows

Disini saya akan menunjukkan cara instalasi python versi 3.6, Silahkan anda centang pada bagian opsi Add Python 3.6 to PATH kemudian langsung saja klik Customize installation.



Langkah berikutnya Silahkan anda centang semua bagian dan langsung saja klik Next.


Cara Install Python Pada Windows

Next centang lagi pada bagian opsi Install for all users. Dan langsung saja klik Install dan tunggu hingga proses instalasi python selesai. setelah selesai langsung saja klik Close dan buka CMD anda (Command Prompt) guna menguji apakah python sudah terinstall dengan benar.


Cara Install Python Pada Windows

Setelah jendela Command Prompt terbuka silahkan ketikkan perintah python bila berhasil maka anda akan melihat tampilan yang kurang lebih seperti dibawah ini.


Cara Install Python Pada Windows

Bila anda tidak mendapati tampilan seperti diatas ada beberapa opsi yang bisa anda coba:

  • Silahkan masuk kedalam directory instalasi python anda
  • setelah anda berada dalam directory instalasi python jalankan perintah python pada CMD anda
Nah setelah panjang lebar kita membahas python bahkan kita juga sudah melakukan tahapan instalasi pythonnya, sekarang kita pelajari beberapa hal dasar dari bahasa pemrograman ini.

3. Belajar Dasar - Dasar Bahasa Pemrograman Python

Setelah kita membahas dua hal yang sangat penting diatas tadi yaitu, Pengenalan Python dan juga bagaimana cara install python sudah kita bahas dengan cukup jelas dan detail menurut saya pribadi. Nah pada poin 3 dan akan menjadi poin pembahasan terakhir kita pada postingan kali ini kita akan langsung mencoba kode python pertama kita.

Untuk syntax dasar yang akan kita pelajari yaitu, syntax untuk menampilkan output teks kedalam Shell anda / CMD anda. Untuk menuliskan kode nya silahkan anda buka text editor anda. Anda bisa menggunakan Text Editor  apapun yang biasa anda gunakan. Pada praktek kali ini saya menggunakan Sublime text editor. 

1. Sebelum kita mulai mengkodingnya nih ada tahapan penting yang harus kita lakukan, yaitu membuat folder yang akan menampung semua file kode - kode kita pada saat kita akan mengeksekusinya dengan CMD. Silahkan anda masuk kedalam folder instalasi python anda dan buatlah sebuah folder baru disana.


Belajar Dasar - Dasar Bahasa Pemrograman Python

Nah setelah anda selesai membuat folder kemudian kita kembali lagi ke text editor kita buatlah file baru dan simpan dengan nama belajarpython.py dan simpanlah pada folder yang barusan sudah anda buat.


Belajar Dasar - Dasar Bahasa Pemrograman Python

Nah silahkan anda salin tuliskan kode diatas, ataupun anda dapat langsung mengcopy kode dibawah ini dan letakkan pada text editor anda masing - masing dan simpan dengan nama belajarpython.py

Kemudian langsung saja anda buka CMD anda dan masuk kedalam direktori dengan perintah cd\namafoder anda menyimpan file python yang barusan anda buat. Kemudian setelah anda masuk kedalam foldernya silahkan anda masukkan perintah belajarpython.py dan lihat apa yang akan muncul pada CMD anda.


Belajar Dasar - Dasar Bahasa Pemrograman Python

Ok saya rasa cukup sampai disini dulu ya sahabat techno. Bila anda memiliki pertanyaan atau pun bingung nih dengan penyampain saya, atau mungkin anda punya masukan / saran yang membangun silahkan langsung saja sampaikan aspirasi anda di kolom komentar ya.