Baca Juga


Cara Mempercantik Terminal Linux | Techno Evolution - Hayo lho kembali lagi bersama saya admin yang dangkal ilmunya ini. Ok pada pembahasan berikutnya dari edisi Linux ini kita akan sedikit bermain - main dengan sistem operasi yang satu ini. Kalau pada pembahasan sebelumnya kita sudah membahas, Apa Sih Yang Harus Dilakukan Setelah Menginstall Linux. Pada kesempatan kali ini kita akan bermain - main dengan terminalnya nih, penasaran ? Langsung aja disimak dengan seksama ya sahabat techno.


Cara Mempercantik Terminal Linux | Techno Evolution

Bagi kalian yang baru pertama kali mendengar atau tau nama Linux ini ada baiknya anda membaca terlebih dahulu artikel kami Apa Itu Sih Linux ?. Setelah anda membacanya kini akan saya pastikan tidak akan bingung lagi membaca artikel yang ini. Dalam dunia linux terminal sudah menjadi sahabat dekat antara sang pengguna dengan sang linux tercinta. 
Karena segala kelebihan yang ditawarkan oleh terminal ini tidak ada salahnya kan kita coba make over ( Udah macam artis aja mas ya ), si permaisuri kita yang satu ini. Btw maafkanlah admin mu ini yang terlalu mesra dengan Mrs.Linux ya ( Maklum Guys Anak IT ).

Ok sebelum kita masuk pada tutorialnya, ada baiknya anda mengetahui Berbagai macam Distro Linux, sehingga anda dapat memastikan tutorial ini akan cocok untuk Distro anda ataupun tidak. Disini saya menggunakan Distro Linux debian dengan nama os Parrot Security Os. Untuk melihat versi Distro anda silahkan anda ketikkan perintah berikut :


uname -a

  • Perintah diatas bisa anda gunakan untuk mengetahui nama Os, versi, serta Distro Linux anda.

Ok sekarang seharusnya anda sudah tau betul apa distro linux anda, jika memang cocok dengan distro yang saya gunakan yaitu Debian, silahkan anda ikuti tutorial Cara Mempercantik Tampilan Terminal Pada Linux.


1. Cara Menginstall Figlet Pada Linux

Untuk cara yang pertama disini kita akan menginstall sebuah tools yang bernama figlet, figlet ini sendiri adalah sebuah tools yang bisa digunakan untuk membuat tulisan yang keren. Ok untuk cara penginstalannya ikuti perintah dibawah ini :


sudo apt-get install figlet

  • Perintah diatas akan menginstall figlet pada linux anda
Setelah itu kita akan menginstall pasangan dari figlet ini yaitu Cowsay, berikut cara penginstalannya.


sudo apt-get install fortune cowsay

  • Perintah diatas akan menginstall cowsay pada linux anda
Cowsay sendiri merupakan tools yang menyediakan beragam image ASCII yang beragam yang bisa anda gunakan untuk menghias terminal linux anda.

Ok setelah kedua file diatas terinstall dengan baik dan benar maka langkah berikutnya adalah mensetting figlet dan cowsay untuk memperindah terminal linux anda.

2. Setting Figlet Dan Cowsay 

Untuk menggunakan fitur dari Figlet dan Cowsay ini, kita cukup menjalankan perintah berikut :


sudo nano .bashrc

  • Perintah diatas akan membuka file bashrc dengan nano text editor
Setelah anda mengetikkan perintah diatas maka file bashrc akan terbuka pada nano text editor sekarang seharusnya, Selanjutnya silahkan anda tambahkan perintah berikut kedalam file bashrc nya :


cowsay -f stegosaurus  "ISIKAN TEKS ANDA"

  • Silahkan anda edit bagian ISIKAN TEKS ANDA, dengan apapun yang anda inginkan
Setelah itu kita akan setting figlet nya :


figlet -f smslant "ISI NAMA ANDA"

  • Silahkan anda edit bagian ISI NAMA ANDA dengan Nick name ataupun nama anda sendiri
Setelah anda melakukan dan memasukkan kedua perintah tersebut silahkan anda tekan ctrl + s untuk menyimpan perubahan pada file bashrc nya, dan tekan ctrl + x pula untuk menutup file nya. Dan langsung saja anda buka kembali terminal anda dan rasakan perubahannya :).




Ok sahabat techno, saya rasa cukup sampai disini dulu ya pembahasan mengenai Cara Mempercantik Tampilan Terminal Pada Linux. Bila anda memiliki komentar ataupun pertanyaan silahkan anda gunakan kolom yang sudah kami sediakan :).