Cara Menjadi Seorang Web Developper

Techno Evolution - Cara menjadi seorang web developper 
Halo teman - teman apa kabarnya kalian semua ? saya berharap anda semua berada dalam kondisi yang baik , karena dengan dalam kondisi yang baik kita akan melewati hari yang baik pula . 


web developper, web programming, pemrograman web
Source : http://static4.uk.businessinsider.com/image/566331c2dd0895de738b47ff-1805-1353/web-developer-2.jpg


 Dalam pembahasan kali ini kita akan belajar bagaimana caranya sih menjadi seorang web developper ? Nah bagi anda yang sudah familiar dengan istilah ini pasti tau apa itu web developper kan ? Namun bagaimana bagi yang belum tau ? tenang saya akan menjabarkan dengan sangat detail. 

1. Pengertian Web Developper 

Untuk memudahkan anda dalam memahami apa itu web developper saya akan mengutip sebuah penjelasan yang cukup simple dan menarik .
Seperti dikutip dari laman RumahWeb.com bahwasanya web developper itu adalah :


Web Developer

Web developer adalah seseorang yang menciptakan aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman. Pada dasarnya, web developer membuat berbagai hal “terjadi” pada sebuah website. Peran web developer adalah sebagai penghubung dari semua sumber daya yang akan digunakan pada sebuah website, mulai dari pemanggilan database, membuat halaman website yang dinamis, hingga mengatur cara pengunjung untuk berinteraksi dengan elemen-elemen dari website tersebut.
Seorang web developer yang handal akan terbiasa dengan bahasa pemrograman, baik itu di sisi server ( server-side scripting ) maupun disisi client ( client-side scripting ). 
Nah begitulah penjelasan yang saya kutip dari RumahWeb.com . Saya rasa penjelasannya cukup jelas dan mudah dipahami bukan ?.

Next, kita akan membahas klasifikasi atau pembagian web developper . Menurut klasifikasinya seorang web developper dapat dibedakan menjadi tiga bagian :
  1. Front - End Web Developper
Front - End Web Developper adalah orang - orang yang bekerja untuk mengurusi atau menangani bagian penataan sebuah halaman website. Pada dasarnya seorang Front - End Web Developper hanya akan membuat desain halaman website tanpa memperdulikan bagian systemnya.

Bingung ya ? sama saya juga bingung sih sebenarnya , Ya intinya begini , Seorang yang bekerja pada bagian Front - End Web Developper mereka hanya menangani bagian desain atau tampilan dari sebuah halaman website , mereka ndak mau tau bagaimana system dalam web itu bekerja. 

Next, bagian berikutnya adalah Back - End Web Developper . Nah kalau ada Front pasti ada Back . 

     2. Back - End Web Developper

Back - End Web Developper adalah kebalikan dari Front - End Web Developper , mereka adalah orang - orang yang mengurusi bagian system pada sebuah halaman website.

Next, kita akan membahas klasifikasi terakhir dari seorang web developper . Yang terakhir ada yang namanya Full - Stack Web Developper.

   3. Full - Stack Web Developper

Full - Stack Web Developper adalah orang - orang yang bekerja pada bagian Front - End dan Back - End Web Developper. Istilahnya Full - Stack Web Developper adalah superhero Nya Web Developper , Kenapa ? Karena meraka mampu membuat sebuah halaman website yang full baik itu dari perancangan tampilannya maupun dari kinerja sistem website tersebut. 

Oke kita sudah membahas klasifikasi dari seorang Web Developper. Nah sekarang tergantung kepada pilihan Anda masing - masing mau memilih yang mana. Tentunya itu semua kembali kepada kemampuan Anda masing - masing. 

Oke , berikutnya kita akan membahas apa sih yang dipelajari oleh 3 bagian Web Developper tadi. Untuk Anda yang memilih jalur Front - End Web Developper anda diwajibkan dan diharuskan mempelajari hal - hal berikut :

  1. Desain Grafis
  2. HTML
  3. Css
  4. Javascript
Yup hanya 4 hal itu saja yang harus anda pelajari, dan sekedar untuk informasi tambahan Anda juga dapat mempelajari Framework yang sudah tersedia saat ini untuk mempercepat dan mempermudah proses pengerjaan tampilan website anda. Berikut beberapa Framework Populer saat ini :

  • Bootstrap ( Framework Html Css dan javascript )
  • Font-Awesome ( Framework Css )
  • Node Js ( Framework Javascript )
  • Jquery ( Framework Javascript )

next, kita akan membahas apa saja sih yang dipelajari oleh Orang - orang yang bekerja pada bidang Back - End Web Developper . Meraka yang memilih Back - End Web Developper akan mempelajari hal - hal berikut :

  1. Php 
  2. Mysql
  3. Jquery
  4. Javascript ( Server Side )
Yup saya rasa itulah yang mereka pelajari. Bilamana ada kekeliruan Anda boleh berkomentar ya. Oke untuk Framework Nya sendiri ada beberapa Framework terkenal bisa anda coba dalam memudahkan proses pengerjaan situs anda :


  • Laravel Framework
  • Code ignitier Framework

Next, Kalau Full - Stack Web Developper Anda pasti taulah ya apa kerjaan mereka. Yup meraka adalah orang - orang yang mempelajari kedua hal sebelumnya, yaitu Front - End Web Developper dan Back - End Web Developper . 

Oke saya rasa penjelasan yang saya berikan sudah sangat jelas ya teman - teman, Semoga Anda semua paham. Dan selamat belajar bagi Anda yang tertarik menjadi Seorang Web Developper. Dan apabila Anda memiliki kritik dan saran, saya akan sangat menghargai komentar Anda . 

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak Dan Membangun Ya Sahabat Techno.
EmoticonEmoticon