Baca Juga


Tutorial Belajar HTML Lengkap Untuk Pemula Bagian Akhir -  Baiklah sahabat techno pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas cara penggunaan HTML yang sangat- sangat sederhana ya. Dan pada pembahasan kali ini kita akan memasuki seri terakhir dalam Pembelajaran HTML. Bagi anda yang belum membaca tutorial sebelumnya saya sarankan untuk mempelajarinya terlebih dahulu, Supaya lancar mempraktekkan tutorial yang ini. 


Belajar Pemrograman Web, Belajar HTML, Tutorial HTML

Ok sahabat techno, tanpa perlu berlama - lama lagi silahkan dibuka text editor anda masing - masing, kemudian buatlah file baru dan simpan atau save dengan nama belajar2.html.

Nah apa yang akan kita coba pada kesempatan kali ini ?, Kita akan mencoba membuat sebuah kerangka web yang benar - benar sederhana dengan menggunakan HTML dan Sedikit bumbu CSS, Wah CSS itu apa mas ?, Untuk pembahasan CSS bisa diabaikan terlebih dahulu karena seri itu akan kita bahas nanti pada seri - seri berikutnya. 

Ok silahkan anda buka text editor anda, dan silahkan anda tuliskan kode dibawah ini !.





Ok setelah anda tulis semua kode nya dengan benar silahkan anda save dan buka pada browser anda, dan seharusnya sekarang anda akan mendapati hasil yang kurang lebih seperti ini !.


Yup memang tampilannya masi sangat - sangat sederhana, Ya bisa dibilang tidak ada menarik - menariknya sih. Hal ini terjadi karena kita baru belajar kerangka dasar atau gambaran kasar dari pembuatan sebuah website, Namun seiring dengan berjalannya waktu dan semakin banyak hal akan kita pelajari maka nanti pasti akan menghasilkan sebuah website yang bagus dan menarik sesuai dengan selera dan kebutuhan anda.

Ok sekarang mari kita analisa apa yang sudah kita koding diatas, Yakni kita membuat sebuah tampilan menu yang mana kita menggunakan tag <header></header> guna mendefinisikan atau memberi tahukan kepada browser bahwa tag ini adalah tag yang memuat bagian atas sebuah website, Dan isinya tentu saja seputar Logo atau Nama website, Kemudian Navigasi Menu, Dan lain - lain. Dan untuk CSS nya kita bahas sedikit ya, disini kita menggunakan CSS guna menampilkan border atau garis untuk setiap elemennya, dan beberapa kode CSS lainnya. 

Untuk tag <section></section> sendiri disini saya gunakan untuk membuat banyak hal, diantaranya untuk membuat elemen utama websitenya, kemudian membuat elemen artikel, dan juga elemen Social media.

Dan untuk tag <footer></footer> sendiri merupakan elemen terakhir dari sebuah website, biasanya berisi Copyright, Link Social Media, Sponsor, dan hal lainnya. 

Ok teman - teman untuk playlist belajar HTML kita akhiri sampai disini dahulu. Saya berharap kepada  teman - teman untuk mengeksplor atau mencoba materi HTML ini lebih jauh, Karena konsep mempelajari Bahasa Pemrograman itu sendiri adalah dengan memperbanyak membaca dan mencoba. Dan apabila anda mendapati Error dalam proses pembelajaran Jangan malu bertanya, Anda bisa langsung menanyakannya pada kolom komentar. Namun jangan khawatir dalam mencoba HTML ini bisa saya katakan hampir mustahil untuk mendapatkan sebuah Error.