Baca Juga


  • Belajar Pemrograman Web Berkenalan Dengan Framework - Assalamualaikum sahabat techno, Apa kabarnya anda semua. Senang sekali saya rasanya dapat hadir kembali menemani anda dalam edisi pembelajaran pemrograman web. Disini kita sama - sama belajar ya, Karena jujur saya pribadi pun belum mahir dalam bidang ini. Ok teman - teman pada pembahasan yang lalu kita sudah selesai dalam belajar CSS dasar dan sudah berhasil membuat halaman profil hanya dengan HTML dan CSS.



Baiklah teman - teman seperti pada seri - seri sebelumnya yang mana kita tidak akan langsung menuju kedalam tahapan kodingnya, Mengapa ?, Ya karena disini saya akan menekankan teorinya kepada anda terlebih dahulu. Atau bisa dikatakan disini saya akan mencoba memberikan pendekatan yang mana membuat anda bertanya apakah materi yang akan anda pelajari sesuai dengan anda ataupun tidak. 

Pada pembahasan kali ini kita akan sama - sama belajar :

  • Apa itu FrameWork 
  • Jenis - jenis FrameWork
  • Pembagian FrameWork Di Dalam Pemrograman Web
  • Alasan Perlunya Mempelajari FrameWork 
  • Kelebihan Dan Kekurangan FrameWork
Saya rasa ke - 5 point diatas sudah sangat - sangat memadai dalam pembelajaran kali ini ya. Jadi disini saya akan mencoba menjelaskan ke - 5 poin diatas dengan pengertian yang sangat mudah dipahami, dan saya harapkan kepada teman - teman nanti dapat menyimpulkan sendiri apakah perlu atau tidak mempelajari FrameWork ini.

Ok untuk membuka materi kita mari sama - sama kita berkenalan dahulu denga FrameWork ini !.

Apa Itu FrameWork

FrameWork merupakan kumpulan dari Library - library yang siap digunakan untuk membuat sebuah website.

Dari pengertian diatas dikatakan bahwa FrameWork itu adalah kumpulan - kumpulan dari Library - library yang sudah siap pakai yang akan digunakan untuk membangun atau membuat sebuah aplikasi. Dan Library itu adalah kumpulan dari kode - kode yang sudah siap pakai. Nah dari penjelasan saya mungkin diantara teman - teman sudah ada gambaran sedikit mengenai FrameWork ini ya. Baiklah kita sudah tau apa itu FrameWork, Selanjutnya mari kita berkenalan dengan Jenis - Jenis FrameWork.

Jenis - Jenis FrameWork

Untuk jenis - jenis dari FrameWork ini ada beragam ya teman - teman, Mulai dari FrameWork untuk Desktop, hingga untuk Web Application. Nah apa saja jenis - jenisnya :

Untuk Desktop Application :

  • JavaFX
  • Net FrameWork
  • Electron
Untuk Web Application :

  • Symfoni
  • Code Igniter
  • Boostrap
  • Laravel
  • Materialize
Nah untuk pembagian yang umumnya seperti yang sudah saya jabarkan diatas ya. Dan disini kita akan mengupas pembagian dari Framework ini untuk keperluan pembuatan sebuah Website. Nah untuk Website, FrameWork itu dibagi Menjadi Tiga, Yaitu


  1. FrameWork CSS
  2. FrameWork PHP
  3. FrameWork Javascript
Untuk FrameWork Css ini adalah FrameWork yang digunakan untuk membuat tampilan sebuah Website, Sementara FrameWork PHP adalah FrameWork yang dapat digunakan untuk membuat Website Application, Dan untuk Javascript FrameWork sendiri adalah FrameWork yang digunakan untuk membuat Web Application menggunakan Javascript itu sendiri. Dan untuk yang terakhir akan saya jabarkan lagi FrameWork Css itu ada apa saja, Begitupun dengan FrameWork PHP, Dan Javascript.

FrameWork CSS

  • Boostrap
  • Materialize
  • Material FrameWork
  • Leaf FrameWork
  • Essence FrameWork
FrameWork PHP

  • CodeIgniter
  • Laravel
  • FuelPHP
  • Slim
  • CakePHP
  • SymFony
  • Laravel
Javascript FrameWork

  • Angular
  • React
  • Vue.js
  • Ember.js
  • Node.js
  • Polymer
  • Aurelia
Nah itulah penjelasan dan penjabaran mengenai klasifikasi dari FrameWork. Next kita akan membahas Alasan Perlunya Mempelajari FrameWork Dalam Pembuatan Website.

Alasan Mempelajari FrameWork

Setelah kita mengetahui definisi dari FrameWork beserta dengan Jenis - jenisnya. Maka persoalan berikutnya adalah, Sebenarnya Perlu Tidak Sih Mempelajari FrameWork Itu ?. Untuk menjawab soalan ini saya dapat mengatakan sangat - sangat perlu, Mengapa ?, Karena dengan anda mempelajari FrameWork maka anda sudah menghemat penulisan kode atau pembuatan websitenya sebanyak 50%. Sebuah persentase yang sangat besar bukan, Jadi masi berpikir bahwa FrameWork itu tidak penting ?. Dan pada pembahasan FrameWork dalam materi kita ini, Saya akan berfokus pada FrameWork CSS, Yaitu, Boostrap dan Materialize. Yang mana dengan menggunakan kedua FrameWork ini nantinya kita akan menghasilkan sebuah halaman website utuh pada akhir pembahasan kita. Namun ya tentu saja websitenya masi bersifat statis alias datanya tidak bisa berubah - ubah secara otomatis.

Ok kita sudah tau alasan mempelajari FrameWork, Maka pada pembahasan yang terakhir mari kita lihat kelebihan dan kekurangan dari FrameWork Css itu sendiri.

Kelebihan FrameWork CSS

  • Mempersingkat waktu pengerjaan
  • Mudah digunakan
  • Mudah dipelajari
  • Mudah dikembangkan
Kekurangan FrameWork CSS
  • Memerlukan basic / dasar pemrograman
Ya saya kira itu saja untuk segi kelebihan dan kekurangan dari FrameWork ini. Dan seperti yang dapat anda lihat ya, Kelebihannya banyak sekali, Namun untuk kekurangannya jujur saya sendiri bingung harus nulis apa. Dan setelah melalui pertimbangan - demi pertimbangan maka saya rasa FrameWork ini akan lumayan sulit dipelajari bagi anda yang belum memiliki basic pemrograman sebelumnya. Oleh karena itu mengapa saya membahas HTML dan CSS kepada teman - teman sebelum kita masuk kedalam FrameWork.

Ok teman - teman saya rasa cukup sampai disini dahulu ya, bila anda bingun dalam penjelasan saya langsung saja tanyakan pada kolom komentar ya.