Baca Juga


Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Komputer | Techno Evolution - Assalamualaikum sahabat techno, berjumpa lagi nih dengan saya admin yang dangkal ilmunya. Dalam mengawali indahnya pagi yang cerah ini, ada baiknya kita membaca dan belajar akan sesuatu hal yang baru, oleh karena itu disini saya hari ini akan kembali mencoba membagikan sedikit dari ilmu yang sungguh luar biasa banyaknya yang terkandung dalam bumi Allah ini ya sahabat. Jika pada materi - materi sebelumnya kita asik ngebahas linux, linux dan linux, ( Ada Apa Sih Dengan Linux ), maka pada hari ini kita akan kembali kepada bapak supir Jendela alias WINDOWS.

Cara Recovery Data Harddisk Yang Terformat

Kita sebagai manusia sarat akan dengan sifat namanya LUPA, sifat ini akan senantiasa mengikuti kita mulai dari kecil sampai tua nanti pun si LUPA ini akan menjadi sahabat terbaik setiap manusia. Namun ada kalanya sahabat ini menimbulkan banyak masalah baik bagi pribadi kita sendiri, maupun merugikan orang banyak. Ya mau bagaimana lagi namanya juga lupa, istilahnya sih " Nasi Telah Menjadi Bubur ! ", ya begitulah prosa kata sekurang - kurangnya dalam menggambarkan si LUPA ini. 

Dalam dunia Komputer pun kita juga bisa sering lupa, lupa akan hal ini, lupa mengerjakan itu, bahkan sampai - sampai lupanya nih, eh kita sudah kelupaan aja nih udah ngedelete file - file atau data - data penting pada komputer kita. Alhasil kita pun menjadi panik dan gegabah ya wkwkwkkw. Panik dan Gegabah sendiri sebenarnya merupakan suatu hal yang sangat - sangat wajar kita alami ketika melupakan sesuatu, Contohnya saja saya nih, saya sering banget kelupaan kunci motor saya. Bahkan bisa dikatakan hampir setiap saya nongkrong dengan teman - teman saya, ada saja kelupaan dimana naruh tuh kunci kereta. Yaudah lah dari pada ngebahas pengalaman saya, mending langsung ke inti artikel nya aja ya.

Sebelum kita membahas bagaimana sih cara mengembalikan data di harddisk yang terformat, ada baiknya kita mengetahui sebenarnya Apa sih itu data recovery ?.

Data Recovery Adalah Sebuah proses pengembalian data maupun System dari kondisi rusak, corrupt, maupun terhapus, kepada kondisi normalnya kembali. Data yang direcovery sendiri bisa berasal dari Harddisk, Flash Disk, SD Card, dan media penyimpanan yang lainnya seperti Camera, Camcorder dan lainnya.

Ok itulah dia penjelasan mengenai Apa itu data recovery, nah setelah kita tau data recovery itu apa. Sekarang kita akan langsung saja masuk pada pembahasan nya. Namun bagi anda yang khawatir nih apakah Kondisi Harddisk anda masih baik - baik saja ataupun mengalami Error, Anda bisa kok melakukan pengecekan awal pada kondisi Harddisk anda dengan membaca dan mempraktekkan artikel kami berikut : Cara Cek Kondisi Harddisk.



CARA MENGEMBALIKAN DATA HARDDISK YANG TERFORMAT 

Untuk mengembalikan data Harddisk yang terformat ataupun recovery data yang sudah terhapus, ada banyak cara yang bisa kita lakukan pada windows kita. Mulai dari menggunakan fungsi recovery data bawaan dari windowsnya sendiri maupun menggunakan berbagai Software Recovery Gratis, yang bisa menyelamatkan data - data anda yang sudah berada di alam baka sana. Untuk cara yang pertama kita akan menggunakan fitur bawan dari Windows itu sendiri, penasaran ? langsung saja disimak baik - baik tutorial nya.

Tips Mengembalikan Data Yang Hilang atau Terhapus Di Komputer

Untuk langkah yang pertama silahkan anda cek folder Recycle Bin pada komputer anda, apabila file nya masih berada disana langsung saja anda klik kanan -> Restore, dan kemudian semua file yang berada pada Recyle Bin anda sekarang seharusnya sudah berpindah kembali kepada folder awalnya masing - masing.

Namun bagaimana kalau data yang terhapus ataupun terformat tadi sudah tidak berada pada Recycle Bin?, Tenang masi ada satu tambahan fitur spesial dari windows untuk anda. Yaitu menggunakan Vitur Restore Previous Version.

Berikut merupakan cara mengembalikan file yang terhapus dengan menggunakan Restore Previous Versions. Buka folder dimana data yang terhapus sebelumnya berada, Lalu klik kanan kemudian pilih “Restore Previous versions”. Setelah terbuka kemudian pilih tab “Previous versions”, kemudian pilih folder yang terakhir yang ingin anda restore. Lalu restore ke posisi terakhir sebelum data tersebut terhapus.

Bagaimana apakah sekarang masalah anda sudah teratasi ?, kalau belum bisa teratasi dengan benar maka anda harus melanjutkan menggunakan cara kedua .

5 Software Data Recovery Untuk Mengembalikan Data Yang Hilang Pada Komputer

Setelah pada pembahasan sebelumnya kita membahas cara mengembalikan file - file yang hilang maupun terformat dengan fitur bawaan dari windows, maka untuk cara kedua ini kita akan menggunakan bantuan Software Recovery yang bisa membantu anda dalam mengembalikan semua data - data anda yang hilang tersebut.

RECUVA 

cara mengembalikan data di harddisk yang terformat


Recuva adalah software recovery data gratis terbaik untuk mendapatkan kembali data yang terhapus. Keunggulan Recuva adalah mudah digunakan, kamu dapat mencari dan mendapatkan kembali dokumen, file, folder, dan informasi lainnya, yang telah terhapus sebelumnya.

Recuva juga menggunakan teknik menimpa data yang aman untuk menghapus informasi penting, pribadi, dan sensitif.






EASE US RECOVERY

cara mengembalikan data di harddisk yang terformat

EaseUs Data Recovery merupakan sebuah software Recovery data yang bisa anda gunakan untuk memulihkan data - data yang terhapus. Anda dapat memulihkan berbagai macam tipe file seperti, Foto, Document, Music, Video, dan lain - lain dapat anda recovery / kembalikan dengan bantuan software ini.





UNDELETE 360




Undelete 360 adalah software yang memungkinkan kamu untuk mengembalikan file-file yang secara sengaja atau tidak sengaja terhapus di memori kamu.

Software ini juga bisa digunakan untuk mengembalikan data yang ada pada memori smartphone, kamera, hard drive, dan perangkat penyimpanan lainnya.







PANDORA RECOVERY



Software selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan data yang hilang adalah Pandora Recovery. Software ini bisa kamu dapatkan secara gratis loh.

Terlebih lagi aplikasi ini merupakan aplikasi portable, sehingga tidak terlalu memakan banyak ruang penyimpanan. Meskipun software ini sangat efektif, sayangnya sistem pendeteksian aplikasi ini masih kurang.






WISE DATA RECOVERY 




Untuk yang terakhir ada software Wise Data Recovery. Software tersebut adalah salah satu aplikasi yang sangat cepat dalam melakukan recovery data.

Software ini juga memiliki beragam fitur yang sangat menarik loh. Selain itu, software ini memiliki mode deep scan yang membuatnya lebih baik dalam melakukan scan.






Ok sahabat techno saya rasa cukup sampai disini dulu ya artikel kita kali ini, apabila ada kesalahan maupun berbagai kekurangan dalam penyampaian materi, ya saya mengucapkan permintaan maaf yang sebesar - besarnya. Apabila anda memiliki pertanyaan ataupun komentar silahkan gunakan kolom yang sudah kami sediakan ya.