Baca Juga


Apa itu internet, Sejarah, Dan Manfaatnya | Techno Evolution - Halo sahabat techno jumpa lagi bersama saya admin yang dangkal ilmunya ini, Ok pada pembahasan ini kita akan mencoba berkenalan dengan sebuah nama yang saya rasa sudah tidak asing lagi dikalangan anak - anak jaman modern ini. Internet, Ya internet merupakan sebuah nama dan kata yang pasti sudah kalian kenal dan bahkan saking kenalnya, kalian pasti tidak akan sanggup berpisah darinya walau hanya 5 menit saja tho. Tapi sudah taukah kalian sebenarnya Apa itu internet ?.

Apa itu internet ?

Penjelasan Mengenai Apa Itu Internet ?

Internet adalah adalah seluruh jaringan komunikasi yang menggunakan media elektronik, yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").

Nah penjelasan diatas saya kutip dari website ensiklopedia bebas id.wikipedia. Diatas sudah sangat - sangat jelas saya rasa wikipedia menjelaskan apa itu internet, Namun ada satu hal lagi yang kurang, yakni internet itu kepanjangan dari apa sih ?, Internet kepanjangan dari Interconnection - Networking, atau dalam bahasa indonesianya adalah koneksi internet. Sudah jelas sekali dengan adanya internet ini kita bisa merasakan berbagai kemudahan yang ditawarkan, mulai dari bersosial media, hingga mencari jodoh pun sekarang bisa melibatkan si internet ini. 

Dengan begitu besar pengaruh dan adidaya dari internet ini, membuat kita mungkin sedikit bertanya - tanya. Siapa sih penemu jenius yang menemukan maha karya yang bisa dibilang abadi ini ?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut akan ada baiknya kita mengulik kembali mengenai Sejarah internet.

Sejarah Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Yup begitulah sejarah ringkas mengenai Internet ini ya kawan, ternyata internet itu pada asal muasalnya dibuat oleh pasukan militer Amerika Serikat guna membantu mereka mengamankan diri dari serangan nuklir, Namun siapa sangka proyek para militan Amerika itu kini sudah sangat berkembang pesat bahkan bisa digunakan oleh anak bayi sekalipun, saking populernya.

Ok Penjelasannya Sudah, Sejarah nya juga sudah, hmm apa lagi ya yang perlu kita kupas - kupas lagi dari internet ini ?. Guna menambah kelengkapaan materinya ada baiknya kita membahas Manfaat internet itu sendiri.

Manfaat Dan Fungsi Internet 

Fungsi Internet digunakan sebagai sarana komunikasi yang fleksibel, dengan kata lain dapat berkomunikasi tanpa mengenal jarak, tempat, dan bahkan bahasa. Internet juga berfungsi sebagai sarana pemenuhan pengetahuan dan informasi yang dipublikasikan oleh berbagai website secara gratis guna menambah ilmu pengetahuan. 

Nah itu dia fungsi dari internet itu sendiri, yang jelas sih internet ini dibuat dan dikembangkan untuk menjadikan kehidupan manusia lebih mudah dan praktis. Bila pada jaman dimana internet itu belum dikenal bahkan belum ada sayup - sayup namanya, orang yang memiliki minat pengetahuan akan pergi berguru dan mencari ilmu pengetahuan dari berbagai sumber yang tersedia seperti buku misalnya dan dari berbagai eksperiment.
Oleh karena itu kita sebagai generasi yang hanya tinggal menikmati berbagai peluh penat perjuangan orang - orang terdahulu, mari gunakan internet sebagai mana semestinya Ok.

Berbicara mengenai Fungsi dari internet tidak akan terlepas dari Manfaatnya pula, apa saja manfaat dari internet ini. Baik manfaat positif, maupun yang negatif penting kita ketahui bersama untuk menjadikan kita pengguna internet yang lebih cerdas tentunya.

Manfaat Positif Internet
  • Membantu dalam produktifitas kerja
  • Waktu Lebih Efesien
  • Sebagai Sarana Komunikasi
  • Dapat Mempublikasikan Sebuah Website
  • Menghemat Biaya
  • Menambah Relasi Kerja Sama

Manfaat Negatif Internet
  • Kurang Effesien
  • Membutuhkan Waktu Loading Dalam Mengakses Sebuah Website
  • Terdapat Kebebasan Etika Dalam Mengakses Internet
  • Begitu Banyak Informasi Hoax ( Palsu ) Yang Dengan Mudah Tersebar
  • Akses Situs Pornografi Yang Terlampau Mudah Diakses Hampir Oleh Semua Kalangan Umur
  • Bisa Menghabiskan Waktu Berjam - Jam Tanpa Mempelajari Apapun
Huft .... sudah cukup banyak juga ya kita membahas materinya, untuk penutup dari materi ini mari kita bahas hal yang cukup menarik, apa itu ?, 5 Negara Dengan Kecepatan Internet Tercepat.

Internet Tercepat Di Dunia

Internet tercepat di dunia?, bukankah semua internet itu sama saja kecepatannya ?, yaaa tentu tidaklah kawan setiap negara memiliki kecepatan internet yang berbeda - beda. Yang mana di Negara kita ini udah ada teknologi 4g yang memiliki kecepatan internet up to 10mps. Dengan kecepatan seperti itu apakah sudah cukup menghantarkannya menjadi yang tercepat di dunia ? hmm mari kita cari tau !.

1. KOREA SELATAN

Pada urutan pertama ada Korea Selatan nih, negara yang terkenal dengan berbagai misterinya ini memiliki kecepatan internet yang up to 37,5 mbps.

2. NORWEGIA

Pada urutan kedua ditempati oleh negara Norwegia, kecepatan internet pada negara ini bisa menembus hingga 34,77 mbps.

3. HUNGARIA

Pada posisi berikutnya yakni posisi ketiga masi ditempati oleh negara Hungaria yang memiliki kecepatan internetnya yakni 31,04 mbps.

4. SINGAPURA

Pada posisi ke - empat ini ditempati oleh salah satu negara tetangga kita, yaitu Singapura negara yang terkenal dengan kesibukan pelabuhannya ini memiliki kecepatan internet 30,05 mbps.

5. AUSTRALIA

Pada posisi terakhir ditutup oleh negara Kangguru ini, Negara yang pernah tercatat memiliki masalah biliteral dengan Indonesia ini memiliki kecepatan internet hingga 26,25 mbps.

Ok sahabat techno demikianlah artikel mengenai Apa itu internet beserta sejarah, fungsi, manfaat, dan koneksi internet tercepat di dunia. Bagi anda yang memiliki pertanyaan ataupun memiliki kritik dan saran silahkan sampaikan aspirasi anda kedalam kolom komentar ya sahabat techno.