Baca Juga


Tutorial Belajar HTML Lengkap Untuk Pemula - Assalamualaikum sahabat techno, kali ini kita akan melanjutkan seri Belajar Pemrograman Web dasar kita. Yang mana pada pembahasan - pembahasan sebelumnya kita telah mempelajari bersama - sama mengenai sejarah web browser dan juga kita telah mereview penjelasan dari pemrograman web. Jadi untuk teman - teman yang baru bergabung dengan seri pembelajaran ini saya menyarankan mengikuti seri - seri sebelumnya :

Penjelasan HTML, belajar html untuk pemula, belajar html pdf


Baiklah teman - teman untuk sesi ngoding nya kemungkinan besar kita akan memulainya dari artikel ini dan seterusnya hingga kita menyelesaikan pembelajaran kita bersama - sama. Namun sebelum kita benar - benar masuk kedalam pokok pembelajaran dari HTML ini mari kita bahas terlebih dahulu hal - hal yang berkaitan dengan HTML ini, seperti, Apa Itu HTML ?, dan Apakah HTML itu bahasa pemrograman ataupun bukan ?. Semuanya akan kita bahas pada seri ini ya teman - teman.

Apa Itu HTML 

Hypertext Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).

Nah dari definisi diatas dikatakan bahwa HTML itu adalah sebuah bahasa markah yang bertugas menampilkan informasi kehalaman atau kedalam sebuah browser. Jadi sudah jelas tugas dari HTML ini bukan mengatur logika, pengolahan data, data management, dan hal - hal lain yang berkaitan dengan sistem, Namun tugas dari html ini menampilkan output kehalaman web. Oleh karena hal itulah membuat HTML tidak dapat dikategorikan sebagai sebuah bahasa pemrograman.

Perlukah Kita Mempelajari HTML 

Nah untuk persoalan yang satu ini menurut pendapat pribadi saya, Kemungkinan untuk perlu atau tidaknya 50 banding 50 sih. Mengapa ?, karena dengan anda mempelajari atau tidak HTML ini, seharusnya tidak ada hambatan dalam proses pembuatan website anda. Karena kembali lagi kedalam klasifikasi HTML tadi, yaitu dia bukan merupakan sebuah bahasa pemrograman web, Namun bila anda tidak mempelajari HTML pada seri ini, nanti ujung - ujungnya anda akan bertemu kembali dengannya pada pembelajaran PHP, CSS, Dan Javascript.

Lho tadi katanya gak penting belajar HTML ?, Penting siapa bilang gak penting, Karena tanpa anda menggunakan HTML akan terasa mustahil rasanya anda menghasilkan Output kehalaman web dengan interface yang menarik.

Ok untuk seri HTML cukup sampai disini dahulu, insya Allah seri selanjutnya kita akan langsung masuk ke pembahasan ngoding dengan menggunakan HTML dan bagaimana sih cara menggunakannya untuk membuat sebuah halaman website.