Baca Juga


Pengertian Pemrograman Web - Hai sahabat techno, berjumpa lagi dengan saya di blog techno, setelah pada pembahasan sebelumnya kita telah memasuki sebuah playlist baru, Yakni Belajar Pemrograman Web Dasar. Yang mana kita telah sama - sama membahas mengenai Sejarah Pemrograman Web, Mengapa Perlu Sebuah Website, Perlukah Mempelajari Pemrograman Web, dan hal - hal lainnya. Bagi anda yang belum mengikuti seri / artikel sebelumnya sara sarankan untuk dibaca terlebih dahulu artikel -> Belajar Pemrograman Web Dasar.

apa itu pemrograman web, pengertian pemrograman web menurut para ahli, contoh pemrograman web

Bagi anda yang sudah mengikuti artikel sebelumnya pasti sudah ada nih gambaran kasar setidaknya mengenai pemrograman web kan ?. Ya kalaupun belum ada jangan bimbang dan risau karena pada materi kali ini pun kita tidak akan langsung menuju ke tahap pembelajarannya secara langsung. Lho Kenapa ndak langsung koding saja sih ?, Ya mungkin diantara teman - teman ada yang udah gak sabaran mau cepat - cepat ngoding. Namun saya sarankan gunakan semangat anda untuk mengikuti artikel yang ini terlebih dahulu, karena ada baiknya kita memperdalam pemahaman materi terlebih dahulu sehngga kedepannya setelah kita masuk kedalam proses pembelajarannya anda sudah benar - benar mengetahui maksud dan tujuan anda mempelajari pemroograman web.

Ok disini kita akan membahas terlebih dahulu, Apa itu pemrograman web ?.

Pengertian Dan Penjelasan Pemrograman Web

Jadi sebenarnya pemrograman web itu apa ?. Menurut pendapat pribadi saya, Pemrograman web itu adalah cara seorang programmer dalam membangun ataupun merangkai sebuah website. Nah Programmer itu sendiri apa sih ?. Programmer itu adalah seseorang yang telah atau sedang mempelajari sebuah bahasa pemrograman. 

Nah dari definisi diatas dapat kita ketahui bersama bahwa pemrograman web, adalah cara kita membuat website dengan menggunakan bahasa pemrograman. Untuk penggunaan bahasa pemrograman yang bisa diimplementasikan atau digunakan untuk membuat sebuah halaman website itu ada bermacam - macam seperti :
  1. JavaScript
  2. Java
  3. Python
  4. CSS
  5. PHP
  6. Ruby
Gimana ada banyak kan pilihan bahasa pemrogramann Web yang bisa kita gunakan, mungkin kalian bertanya - tanya nih lho mas kok HTML gak masuk sih ?, Ya jelas saja karena dari klasifikasi / jenisnya sendiri bukan merupakan bahasa pemrograman. Untuk masalah HTML ini kita lewati dahulu pembahasannya, nanti akan saya buatkan artikel terpisah mengenai HTML ini. 

Jadi intinya yang mau saya sampaikan disini adalah, tentukan pilihan anda dalam mempelajari pemrograman web, dan pada kasus pembelajaran kali ini saya akan menggunakan Javascript dan PHP kemungkinan besar. Namun untuk Javascript Dan PHP ini akan masiiiii sangat jauh kita akan membahasnya. Untuk Materi awal pembelajaran kita akan lebih berfokus pada UI/UX / tampilan websitenya itu sendiri. 

Woke mari kita lanjutkan pembahasan kita, sampai dimana tadi ?, owh ya sampai pemilihan bahasa pemrograman, selain pemilihan bahasa pemrograman ada hal lain yang harus anda ketahui, yakni pemrograman web itu terbagi menjadi 3 bagian, yakni.
  • Front-End Web Developper
  • Back-End Web Developper
  • Full-Stack Web Developper
Waaaaa banyak ya mas ternyata materi web ini ? Hooo jawabannya banyak bangeet jadi kita tidak selalu harus ngoding , ngoding, dan ngoding, tanpa memperdulikan teorinya terlebih dahulu. Atau mungkin diantara anda ada yang berpikiran bahwa apa teori lebih baik langsung praktek saja. Dan menurut saya ini adalah sebuah kekeliruan dalam pemikiran, Mengapa ?, Karena apabila anda tidak mempelajari teori bagaimana praktek tersebut akan terlaksana dengan baik dan benar ?. Sementara anda sendiri tidak tau dan paham apa yang sedang anda coba lakukan. 

Jadi kalau dimasukkan kedalam studi kasus kita ini, bisa dikaitkan seperti anda tidak perduli dengan artikel seperti ini dan langsung saja masuk kedalam pokok pembahasan, Ya saya dapat mengatakan pilihan anda itu tidak salah, Namun ada saatnya anda akan merasa rugi karena telah melewatkan teori dengan begitu banyaknya.

Dan melihat dari pembagian diatas, seorang yang membuat website sendiri rupanya dibagi - bagi lagi, Nah mari kita bahas satu persatu.

Penjelasan Front-End Web Developper

Front-End Web Developper, bisa diartikan sebagai seorang programmer web yang berfokus pada pengerjaan tampilan sebuah halaman website. Jadi bagi anda yang memiliki jiwa - jiwa seni maka menjadi Front-End Web Developper akan sangat sesuai rasanya, dan pertannyaannya lagi, Apakah Front-End Web Developper lebih sulit atau lebih mudah dari Back-End Web Developper ?, dan jawabannya adalah keduanya memiliki kemudahan dan kesulitan masing - masing. Dari segi pembelajaran apa saja yang harus dipelajari oleh seorang Front-End Web Developper, Anda cukup mempelajari HTML,CSS, Dan Javascript, dan sekedar informasi anda juga bisa melengkapi skill anda dengan menguasai FrameWork.

Penjelasan Back-End Web Developper

Back-End Web Developper sendiri bisa diartikan seorang programmer web yang berfokus pada pengerjaan sistem dan keamanan sebuah website. Jadi anda sebagai seorang Back-End tidak perlu memikirkan masalah tampilan web, karena itu bukan fokus anda. Dan hal apa saja yang harus dipelajari oleh seorang Back-End Web Developper ?, Yakni PHP, Javascript, dan FrameWork tentu saja. 

Penjelasan Full-Stack Web Developper

Untuk Full-Stack Web Developper sendiri adalah gabungan dari Front-End Web Developper dan Back-End Web Developper. Dan sudah jelas menjadi seorang Full-Stack berarti anda harus mengerjakan tampilan sekaligus sistem dan keamanan website anda, untuk sekedar informasi untuk job reqruitment atau keterbukaan lapangan pekerjaan, Full Stack adalah orang yang paling di cari baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Ok sudah cukup dulu ya teman - teman untuk materi kali ini, bagi anda yang memiliki kritik dan saran serta kurang memahami dalam penjelasan saya, langsung sampaikan pada kolom komentar ya.