Baca Juga


Belajar Pemrograman Web Dasar - Assalamualaikum sahabat techno, sudah lama sekali saya tidak update artikel pada blog yang satu ini. Ya saya sedang sibuk belajar teman- teman jadi mohon maaf atas ketidak konsistennya saya dalam mengelola blog ini. Ok lah teman - teman pada tahun yang baru dengan semangat yang baru maka kita pun akan membuat playlist artikel yang baru. Yang akan saya bahas pada playlist Belajar Pemrograman Web Dasar adalah :


  1. Pengenalan Pemrograman Web 
  2. Klasifikasi Pemrograman Web
  3. Pembahasan HTML Dasar
  4. Pembahasan CSS Dasar
  5. Pembahasan FrameWork
  6. Penggunaan FrameWork Untuk Front End 
Sejarah Pemrograman Web, Apa Sih Itu Pemrograman Web, Penjelasan Pemrograman Web

Ok saya rasa cukup menarik ya pembahasan yang akan kita mulai pada tahun ini. Dan nantinya target saya di akhir pembelajaran minimal kita, yaitu anda dan saya akan menghasilkan sebuah template utuh lah setidaknya.

Ok untuk mengawali seri pembelajaran Pemrograman Web Dasar pertama sekali kita akan berkenalan terlebih dahulu dengan yang punya namanya. Jadi apa sih itu Pemrograman Web ?.

Sebelum kita masuk kedalam penjelasan pemrograman web itu sendiri mari kita simak terlebih dahulu sejarah atau awal mulanya pemrograman web itu sendiri.

Sejarah Pemrograman Web

Dalam Dunia Web sendiri memilik perkembangan yang luar biasa banyaknya hingga sampai pada era sekarang. Yakni era dimana sebuah Web, mau itu situs web atau web browser. Keduanya memiliki peranan yang sangat penting dalam penyebaran suatu informasi. Nah penting rasanya kita mengenal bagaimana sih perkembangan web itu sendiri ? 
  • Hypertext [Bush 1945, Nelson 1960’s], Awal '90-an, Tim Berners-Lee, sarjana fisika pada riset Nuklir Swiss (CERN) menciptakan HyperText Markup Language (HTML) dan Browser teks pertama: Lynx.
  • Pada saat ini Berners-Lee memimpin WWW Consorsium (W3C) lembaga yang menyusun standardisasi HTML dan dokumen web.
  • Tahun 1993: Browser grafis pertama: Mosaic dibuat oleh Andressen dan Eric Bina (mahasiswa University of Illinois)
  • Tahun 1994: Andressen kemudian bekerja untuk Netscape, dan membuat Netscape Navigator, browser grafis populer pertama
  • Tahun 1995: Microsoft membuat Internet Explorer
  • Pada saat ini Browser yang digunakan adalah: Mozilla FireFox, Opera, dll.
Nah gimana teman - teman, menarik sekali kan perkembangan web itu sendiri. Jadi dari penjelasan diatas dapat kita ketahui bahwa dibalik sebuah sistem yang kompleks ternyata memuat sejuta sejarah panjang dalam perjalanannya. 

Nah setelah kita mengetahui nih sejarah web programming ini, maka pertanyaan selanjutnya adalah. Mengapa Kita Membutuhkan Sebuah Website ?, pertanyaan yang bagus sekali bagi saya. Mengapa kita membutuhkan sebuah website ?. Saya rasa anda sendiri juga mengetahui jawabannya. Yakni sudah jelas dengan kita memiliki sebuah website maka akan memudahkan kita dalam mengelola suatu sistem informasi yang sangat populer. Anda dapat memanfaatkan web itu untuk kebutuhan pemasaran kah, untuk penyebaran berita kah, atau untuk sekedar buku harian anda pun bisa dengan memanfaatkan sebuah website. 

Ok kita sudah tau nih alasan Mengapa Perlu Sebuah Website. Selanjutnya, Perlukah kita mempelajari Pembuatan Website / Pemrograman Web ?. Untuk pertanyaan ini saya rasa sih jawabannya 50 : 50, maksudnya bagaimana ? Maksudnya tidak ada tolak ukur pasti apakah anda harus bisa pemrograman web untuk menghasilkan sebuah website. Dan mungkin anda berkata, Saya ingin sebuah website tanpa mengerti pemrograman apakah itu memungkinkan ? Jelas jawabannya memungkinkan, mengapa tidak, karena sekarang sudah banyak Website yang menyediakan pelayanan pembuatan website ini. Namun perlu digaris bawahi ini akan membutuhkan modal yang tidak sedikit. 

Namun bagaimana kalau saya ingin memiliki sebuah website namun dengan modal yang minim / tidak punya modal, apakah saya masi bisa memilikinya ?. Jawabannya lagi - lagi bisa banget, ada banyaaaaak banget situs - situs web penyedia web gratis semisal :
Kedua platform web diatas memungkinkan anda untuk membuat sebuah halaman website yang gratis. Namun yang namanya gratis ada saja kekurangannya, Seperti tampilan yang kurang ok, kapasitas penyimpanan yang kurang memadai, dan lain sebagainya. 

Nah untuk berbagai persoalan diatas lah, Mengapa perlunya kita mempelajari Pemrograman Web. Selain menjadi solusi bagi kita yang ingin memiliki website dengan modal minim, Bisa juga anda memanfaatkan keterampilan Pemrograman Web untuk membuat sebuah startup dan jasa layanan lainnya.

Ok teman - teman saya rasa cukup sampai disini dahulu pengenalan pemrograman web dasar untuk hari ini, Nantikan terus seri selanjutnya. Dan bagi anda yang memiliki kritik dan saran atau pun bingun dengan penjelasan saya, langsung saja tanyakan di kolom komentar ya.