Baca Juga


Tutorial Belajar HTML Lengkap Untuk Pemula Bagian Kedua - Assalamualaikum sahabat techno, pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan lagi ya playlist belajar pemrograman web kita. Setelah pada pembahasan sebelumnya kita telah mereview sedikit mengenai latar belakang dan sejarah dari HTML itu sendiri. Dan untuk artikel kali ini kita akan langsung ngoding dan melihat seberapa bergunanya HTML ini bagi pembuatan sebuah website.


belajar pemrograman web html, belajar bahasa html, cara membuat website

Seperti biasa teman - teman sebelum kita benar - benar masuk kedalam pembuatan website ataupun masuk kedalam pembelajaran HTML kita, ada beberapa persiapan yang harus teman - teman siapkan terlebih dahulu, Apa saja itu ?, 


  1. Browser, Bisa Google Chrome, Atau Mozilla Firefox
  2. Text Editor, Bisa Sublime, Atom, Bracket, Atau VSCODE
Itu saja dulu yang harus teman - teman persiapkan untuk materi kali ini. Baiklah mari kita masuk kedalam materi HTML, saya harapkan teman - teman fokus supaya bisa menyerap pelajarannya secara maksimal OK !.

Baiklah untuk langkah yang pertama silahkan teman - teman buat terlebih dahulu sebuah folder dengan nama Belajar HTML dan simpan folder tersebut di Desktop teman - teman ya. Setelahnya silahkan buka Text Editor teman - teman dan buka folder yang barusan telah teman - teman buat, cara buka folder di text editor nya bisa dengan cara, Pilih File kemudian Open Folder dan pilih foldernya.

Ok untuk tahap pembuatan foldernya saya anggap sudah selesai semua ya, selanjutnya silahkan anda buat sebuah file yang bernama belajar1.html dan save di dalam folder Belajar HTML nya !.

Kalau sudah dibuat filenya langsung saja tulis script seperti yang saya buatkan dibawah ini, untuk penjelasannya nanti diakhir akan kita bahas bersama - sama.




Nah sekarang mari kita bahas fungsi script diatas apa sih ?, Perlu diketahui bahwa untuk yang diatas tidak dinamakan script, untuk yang diatas biasa dikenal dengan nama Tag Html. Nah Tag Html itu sendiri apa mas ?, Tag Html itu adalah kode - kode HTML yang akan kita gunakan untuk memanipulasi dokumen HTML sehingga bisa menampilkan Output atau akan mencetak sesuatu kehalaman browser kita.

Nah Tag HTML sudah tau sekarang kan, Selanjutnya Kita Bahas Tag diatas, Untuk Tag diatas itu disebut dengan Kerangka HTML, Jadi untuk membuat sebuah dokumen HTML yang lengkap anda harus membuat Kerangkanya seperti yang diatas. Ok kemudian untuk tag <head></head>, Ini adalah tag yang akan berisi informasi pada halaman website anda nantinya, didalam tag ini bisa anda tempatkan Judul atau Nama Website, tag Meta, dan fungsi - fungsi lainnya, Yang jelas pada kesempatan kali ini kita akan berkenalan dengan salah satu dari properti si tag <head></head> ini yakni, Tag <title></title>. Seperti namanya seharusnya anda sudah tau kan kegunaannya, Yup benar sekali tag ini digunakan untuk menulis Nama Situs anda. 

Kemudian untuk tag <body></body> inilah tag utama dari dokumen HTML kita didalam tag ini lah kita membuat seluruh isi dari website kita mulai itu dari Menu, Halaman utama, Artikel dan lain sebagainya. Dan untuk pembelajaran selanjutnya kita akan mencoba menampilkan teks kehalaman website kita.

Silahkan anda tulis lagi kerangka HTML seperti dibawah ini ya !.


Kemudian silahkan di save dan dibuka pada browser anda dengan cara membuka Filenya dan open with Google Chrome ataupun Mozilla Firefox.


Seharusnya sekarang anda mendapatkan hasil seperti gambar diatas pada halaman browser anda, Ok kita telah berhasil menampilkan teks kehalaman website kita selanjutnya kita akan mencoba menampilkan table pada halaman website kita ya.

Silahkan anda lengkapi HTML anda sehingga seperti yang sudah saya buatkan dibawah ini.


Nah setelah anda tulis semuanya silahkan di save kembali dan buka kembali atau refresh halaman browser anda yang sebelumnya anda sudah membuka file belajar1.html di browser anda. 


Dan seharusnya sekarang anda mendapati hasil yang kurang - lebih seperti gambar saya diatas. Dan anda mungkin bertanya - tanya, Lho mas kok tampilannya jelek banget sih ?, Iya teman - teman untuk pembelajaran HTML ya masi burik gini hasilnya, untuk membuatnya menjadi halaman web yang cantik dan bagus akan kita bahas pada pembelajaran CSS kedapannya.

Ok teman - temann kita cukupkan sampai disini dahulu ya pembahasan HTML kita, Insya Allah pada materi berikutnya kita akan mencoba membuat kerangka awal website kita, Kira - kira kita akan membuat sesuatu seperti ini !.