Perbedaan Root ROM Dan Firmware Pada Android

Perbedaan Root ROM Dan Firmware Pada Android - Root , ROM dan Firmware merupakan segelintar istilah yang mungkin bagi pengguna android sudah tidak asing lagi. Namun tidak dapat dipungkiri pula bahwa masi banyak para pengguna telepon genggam yang tidak mengetahui penjelasan Root ROM dan firmware pada android mereka. Hal tersebut bukanlah merupakan suatu kejadian yang aneh namun sudah menjadi sebuah kebiasan yang lumrah. Nah bagi kalian ni yang belum tau mengenai apa itu Root ROM dan firmware ya sok atuh dibaca biar paham ya.

Perbedaan Root ROM Dan Firmware Pada Android
Image Sources: https://img.gadgethacks.com/img/96/56/63587094802607/0/android-basics-what-is-root.1280x600.jpg

Penjelasan Root Pada Android

Root pada perangkat android dapat diartikan sebagai pemberian Hak Akses Secara penuh terhadap perangkat android anda. Dapat dikatakan bahwa anda sudah menjadi Superman wkwkwkw salah ya bukan superman tapi Super User, nah dengan mendapatkan akses super user ni anda dapat melakukan semua hal tehadap android anda seperti Mengakses sebuah file secara menyeluruh, kemudian mengakses setiap aplikasi secara sempurna, dan juga semua bagian piranti perangkat lunak android anda mampu anda akses dengan kekuatan Super User ini.

Baca Juga :

Namun untuk mendapatkan hak akses luar biasa ini tidaklah diberikan secara gamblang oleh produsen android anda, ada beberapa alasan khusus mengapa akses ini tidak diberikan sembarangan seperti penggunaan file - file penting dalam perangkat android anda yang mana bila disalahgunakan akan mengakibatkan kerusakan pada telepon genggam anda. Jadi kesimpulannya bagi anda yang ingin mendapatkan hak akses Super User usahakan untuk mengerti terlebih dahulu terhadap setiap file yang berada dalam android anda.


Penjelasan ROM Pada Android

Nah untuk penjelasan ROM pada Android tidak jauh berbeda pada penjelasan yang pada umunya, dimana ROM merupakan singkatan dari Read Only Memory yang mana merupakan media penyimpanan file - file system pada android anda. ROM sendiri merupakan penyimpanan permanent yang mana isi datanya tidak bisa diubah di-Edit ataupun dihapus kecuali hanya dengan teknik Flashing.

Nah itu dia penjelasan mengenai ROM, jadi kesimpulannya adalah ROM merupakan media penyimpanan system android yang tidak bisa diobrak - abrik isinya melainkan hanya dengan teknik flashing.


Penjelasan FIRMWARE Pada Android

Firmware sendiri apabila di terjemahkan kedalam bahasa indonesia merupakan perangkat tegar yang mana penamaan ini mengacu pada perangkat lunak yang disimpan didalam ROM yang tidak dapat dirubah isinya apabila tidak dialiri oleh tegangan listrik. Firmware sendiri dari program komputer yang menyediakan kontrol low - level untuk sebuah parangkat keras. 

Firware sendiri memiliki fungsi sebagai pengendali perangkat keras, tanpa adanya firmware ini bisa dipastikan perangkat keras tidak akan bekerja. Terlebih lagi pada perangkat android yang mana kita sering kali melakukan update terhadap firmware guna meningkatkan perangkat keras ataupun memperbaikin bug/kesalahan sistem yang ada.


Nah itu dia tadi artikel mengenai Perbedaan Root ROM Dan Firmware Pada Android semoga sobat techno paham. Dan apabila sahabat techo punya pertanyaan ataupun kritik dan saran saya akan sangat senang bila anda mau meluangkan waktu untuk berkomentar.

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak Dan Membangun Ya Sahabat Techno.
EmoticonEmoticon