Baca Juga


Pengertian Linux Dan Berbagai Contohnya - Linux, saya yakin diantara anda pasti sudah pernah mendengar bahkan mengetahui nama yang satu ini. Tapi bagi anda yang sama sekali belum pernah mendengar nama ini jangan sekali - kali anda berpikiran bahwa linux itu nama seorang wanita ya wkwkkw, karena ini memang bukan nama manusia atau bahkan wanita pastinya, Jadi apa sih linux itu ?, bagi anda yang penasaran yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini. 


https://techno-evolutioner.blogspot.com/

Linux merupakan sebuah sistem operasi yang bersifat Open Source / dapat di edit, dan dikembangkan oleh siapa saja. Linux sendiri merupakan sistem operasi bertipe unix dan pertama kali muncul pada tahun 1991 yang diperkenalkan oleh Linus Torvalds, dan sistem pustakanya sendiri berbasis GNU yang dipublikasikan oleh Richard Stallman pada tahun 1983. Linux sendiri sudah cukup lama populer dan digunakan untuk kebutuhan server serta didukung oleh berbagai perusahaan - perusahaan besar seperti, Intel, Dell, IBM, Oracle Corporation, Red Hat, dan perusahaan besar lainnya.

Nah seperti itulah kira - kira deskripsi dari Sistem Operasi linux itu sendiri, namun pada postingan kita kali ini kita tidak hanya akan membahas penjelasannya saja, tapi saya  akan mencoba memberikan ulasan semaksimal mungkin, jadi pada pembahasan kali ini kita akan mencoba mengenal Linux, Kelebihan dan kekurangannya, serta berbagai distro yang sering digunakan.

1. Kelebihan dan kekurangan linux
Sebelum kita memilih sebuah sistem operasi untuk dijadikan operator / pengoperasi laptop ataupun komputer kita ada baiknya kita mengenal dengan sangat - sangat baik terlebih dahulu sistem operasinya. Pada pembahasan diatas kita sudah mengenal apa itu linux dan sejarahnya. Selanjutnya sudah jelas kita akan membahas Kelebihan dan kekurangannya. 

Berikut Kelebihan LINUX : 

  1. Open Source / bisa dikembangkan oleh siapa saja
  2.  Lebih Aman Terhadap Serangan Virus
  3. Aplikasi Bawaan Sudah Relatif Lengkap
  4. Driver Relatif Lengkap
  5. Software Center Yang Relatif Mumpuni
  6. Tampilan User Interface Yang Menarik
  7. Kinerja RAM Yang Lebih Baik
  8. Cocok Dijalankan Pada Komputer Dengan Spek Rendah
Yap kurang lebih begitulah kelebihan Linux, namun semua kelebihan itu bisa bertambah ataupun berkurang tergantung pendapat anda masing - masing. Kelebihannya sudah, maka sekarang mari sedikit kita bahas kekurangannya pula.

Berikut Kelebihan LINUX :

  1. Diperlukan Adaptasi Terhadap Linux
  2. Kurangannya Dukungan Hardware Dari Vendor Tertentu
  3. Proses Instalasi Yang Lumayan Rumit 
  4. Software Linux Belum Sebaik Windows
  5. Terlalu Banyak Menggunakan CLI Untuk Menjalan Aplikasi
  6. Tidak Cocok Untuk Digunakan Nge Game
Nah itu dia kelebihan dan kekurangan Linux, silahkan anda pertimbangkan kembali apakah anda benar - benar ingin menginstall linux atau tidak, Namun saran saya pelajarilah Linux karena dibalik segala kesulitan yang disebabkan sistem operasi ini, Percayalah akan ada banyak sekali kelebihan - kelebihan yang tidak anda dapatkan pada Sistem Operasi Windows sendiri.

Ok seteleh kita membahas apa itu linux, kelebihan dan kekurangan linux, maka untuk penjabaran yang terakhir mari kita mengenal beberapa distro / jenis linux yang umum digunakan.

2. Berbagai Distro Linux Yang Sering Digunakan
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwasanya linux merupakan sebuah sistem operasi yang bersifat open source dimana linux ini dapat dimodifikasi dan dikembangkan oleh siapa saja. Maka dari itu akan banyak sekali jenis linux yang bermunculan sejak pertama kali dirilis sampai pada hari ini. Namun semua jenis - jenis ini dipisahkan oleh berbagai distro yang mereka kembangkan. 

Berbagai Distro Linux Yang Sering Digunakan :

  1. Red Hat
  2. CentOs
  3. Fedora 
  4. openSUSE
  5. Mandrake
  6. Debian
  7. Ubuntu
  8. Linux Mint
  9. Zorin
  10. Deepin
Yup saya rasa kesepuluh distro itulah yang saat ini ramai digunakan silahkan anda tentukan pilihan anda, Sedikit saran dari saya apabila anda memang seorang yang baru pertama kali mengenal linux ini anda baiknya anda menggunakan Debian ataupun ubuntu. 

Ok saya rasa cukup sampai disini terlebih dahulu ya sahabat techno apabila anda memiliki pertanyaan dan saran, silahkan anda sampaikan aspirasi anda pada kolom komentar.