Baca Juga


Beberapa Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Install Linux | Techno Evolution - Ok sahabat techno jumpa lagi dengan saya admin yang dangkal ilmunya ini ya, pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan tutorial linux nya ni. Pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas apa itu linux, dan juga kumpulan perintah dasar linux beserta penjelasan dan contoh penggunaannya.

Beberapa Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Install Linux | Techno Evolution

Kalau membahas mengenai linux ini sahabat techno, gabakalan ada habisnya deh mulai dari dapet error ini error itu sampai bisa melakukan hal - hal gila pasti akan anda rasakan setelah berteman dengan sistem operasi buatan Linus Torvald ini.

Nah bagi anda seorang pengguna linux yang baru seperti saya nih contohnya, pasti akan merasa bingung gitu apa yang harus kita lakukan ya setelah install ini sistem operasi. Semua pertanyaan - pertanyaan seperti itu akan kita jawab nih pada tutorial kali ini. Jadi tolong disimak baik - baik ya penjelasannya. 

Setelah selesai menginstall linux setidaknya ada beberapa hal yang wajib anda lakukan diantaranya :

  1. Mengganti Link Bawaan Repository
  2. Mengupdate Repository
  3. Menginstall Software yang diperlukan
  4. Mempelajari perintah - perintah dasarnya
Nah itulah objektif / pembelajaran yang akan kita bahas kali ini, dari pada kelaman langsung saja kita masuk pada topik Beberapa Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Install Linux .

1. Mengganti Link Bawaan Repository

Diposisi pertama, ( udah macam bacain pemenang lomba aja nih mas heheheh ), kita akan mengganti link bawaan repository nya. Eits tapi nanti dulu, anda sudah tau kah apa itu repository ?, kalau belum mari disimak penjelasan dibawah ini.


Repository, adalah sekumpulan paket-paket aplikasi atau program untuk sebuah sistem operasi (red : Linux) yang digunakan untuk menunjang kinerja dari sebuah aplikasi, program, dan sebagainya yang didapatkan dari Server Mirror website paket-paket tersebut. Bisa dibilang Repository ini adalah paket-paket khusus untuk sebuah sistem operasi yang kemudian paket-paket tersebut di instal untuk mendapatkan kinerja lebih baik dari sebuah sistem operasi.
 Nah itu dia penjelasan mengenai apa itu repository linux, saya rasa sih penjelasan diatas sudah cukup jelas dan tidak perlu saya ringkas kembali. Setelah kita tau nih apa itu repository, langkah berikutnya kita akan mengganti link repository bawaan linux anda.

A. Cara Mengganti Repository Linux 

sudo su

  • Pertama silahkan anda masuk sebagai admin dengan perintah diatas kemudian ketikkan perintah dibawah ini.
nano /etc/apt/sources.list

  • Perintah diatas akan membuka teks editor nano dan mambuka file sources.list yang mana file tersebut lah yang menampung link repository pada linux kita.
  • Note : nano merupakan text editor, sesuaikan dengan text editor anda seperti geany, gedit dan lainnya.
Setelah anda menjalankan perintah diatas dengan benar, maka seharusnya sekarang anda akan dibawa masuk pada file sources.txt yang terbuka pada text editor anda.



Kemudia silahkan anda cari pada google mengenai repository untuk versi linux anda, seperti ubuntu, linux mint, debian, redhat, dan versi linux lainnya. Setelah anda dapatkan linknya silahkan anda pastekan pada file sources.list dan tekan tombol ctrl + s untuk menyimpan dan ctrl + x untuk keluar dari aplikasi. 

NOTE : sebelum anda simpan dan keluar dari file sources.list anda diwajibkan menghapus tanda pagar dibelakang link repository anda.

Jika sudah mari kita masuk pada bagian Cara Mengupdate Repository linux anda.

2. Cara Mengupdate Repository linux anda

Setelah kita sebelumnya mengganti link bawaan repository nya maka langkah berikutnya adalah mengupdate repository nya. untuk langkah - langkahnya silahkan anda ikuti penjelasan dibawah ini ya.

Pertama silahkan anda buka terminal dan jalankan perintah berikut :


sudo apt-get update

  • Silahkan jalankan perintah diatas dan tunggu hingg proses update berhasil
Jika proses update telah selesai maka langkah berikutnya kita akan mengupgrade repo yang barusan kita update


sudo apt-get upgrade

  • Jalankan perintah diatas untuk mengupgrade repo linux anda


3. Menginstall Software Yang diperlukan 

Untuk langkah berikutnya yang perlu anda lakukan setelah install linux ada baiknya anda menginstall berbagai software yang anda perlukan, untuk kebutuhan dapat disesuaikan dengan pekerjaan dan keperluan anda masing - masing. Pada kasus ini saya akan memperlihatkan cara menginstall google chrome pada linux.

Untuk langkah yang pertama silahkan anda download terlebih dahulu google chrome versi linux pada website resminya : Download Google Chrome 
Silahkan anda download file yang bertipe .deb

Kemudian setelah anda selesai mendownload silahkan masuk pada direktori Downloads guna menjalankan proses install google chrome nya. Untuk masuk pada direktori Downloads silahkan anda masukkan perintah berikut :


cd Downloads

Kemudian silahkan anda masukkan perintah berikut untuk menginstall nya


sudo dpkg -i google-chrome-stable_current_amd64.deb

Kemudian silahkan tunggu hingga proses install selesai.

Dan untuk hal terakhir yang harus anda lakukan setelah install linux adalah mempelajari perintah - perintah dasarnya. 
Karena apabila anda belum mengetahui perintah dasarnya ini akan mempersulit diri anda sendiri dalam pengoperasian linux itu sendiri.



Ok saya rasa cukup sampai disini terlebih dahulu ya sahabat techno mengenai tutorial Beberapa Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Install Linux. Apabila anda memiliki pertanyaan dan kritik silahkan anda sampaikan pada kolom komentar ya.