Baca Juga


Tutorial Merubah Windows Seperti Linux - Assalamualaikum sahabat techno dimanapun anda berada jumpa lagi bersama saya mario sepuh :v, eh salah maksudnya jumpa lagi dengan hamba Allah yang sederhana yang serba kekurangan ini. Baiklah mengawali hari yang berkah ini izinkan saya membagikan sedikit pengetahuan saya kepada rakan - rakan semua, semoga ilmu yang kita pelajari ini menjadi bermanfaat bagi saya dan anda semua khususnya :)

Tutorial Merubah Windows Seperti Linux
https://techno-evolutioner.blogspot.com/
Pada tutorial edisi kali ini kita akan sedikit mengotak - atik sistem operasi windows yang kita gunakan, tenang saja tidak akan ada kerusakan yang akan terjadi pada Laptop / Komputer anda bilamana mengikuti tutorial ini. Mengapa saya berani mengatakan demikian, Ya karena kita hanya akan mengganti mode boot GUI menjadi CLI. Bagi anda yang belum tau apa itu GUI dan apa itu CLI mari kita ulas sedikit penjelasan terkait perbedaan keduanya.

A. Apa Itu GUI ( Graphical User Interface ) 
Graphical User Interface atau yang biasa dikenal dengan istilah GUI merupakan jenis antar muka pengguna yang menggunakan metode interaksi pada piranti elektronik secara grafis bukannya perintah teks antara pengguna dan komputer.

B. Apa Itu CLI ( Command Line Interface )
Command Line Interface atau yang biasa populer dengan istilah CLI merupakan kebalikan dari GUI, bila pada GUI menggunakan tampilan grafis untuk berkomunikasi antara komputer dengan manusia ( pengguna ) maka pada CLI manusia diharuskan mengetikkan dan mengetahui segelintir baris perintah yang dikenali komputer untuk berinteraksi. 

Nah bagaimana apakah anda sudah mengerti perbedaan diantara CLI dan GUI ini ? bila sudah mari kita lanjutkan kembali pembahasan kita. Seperti yang sudah disinggung pada pembahasan diatas yang mana GUI menjadikan tampilan sebagai objek interaksi antara pengguna dengan komputer, maka pada kasus ini Sistem operasi Windows kita menggunakan Mode GUI untuk dioperasikan oleh kita para pengguna. Sebelum kita melanjutkan Tutorial Merubah Windows Seperti Linux, ada baiknya bagi anda yang mungkin ingin merubah tampilan windowsnya layaknya Mac Osx bisa mencoba artikel berikut Cara Merubah Tampilan Windows Menjadi MAC OSx

C. Cara Merubah Settingan Boot Windows Kedalam Mode CLI
Seperti yang sudah saya katakan diawal tadi dalam kasus ini kita tidak akan merubah seluruh tampilan dari Windows melainkan hanya akan merubah mode boot GUI menjadi CLI jadinya ketika windows anda melakukan proses booting dia akan masuk pada mode CLI layaknya anda sedang dalam mode safe mode.

1. Untuk Langkah yang pertama silahkan anda buka windows run dengan cara tekan tombol Windows + R secara bersamaan, kemudian masukkan msconfig pada kolom pencarian dan langsung saja tekan Enter. 

Cara Merubah Settingan Boot Windows Kedalam Mode CLI

2. Kemudian setelah anda Enter maka anda akan dibawa masuk pada sebuah jendela langsung saja klik pada tab Boot dan sesuaikan dengan settingan seperti yang saya berikan berikut 


Cara Merubah Settingan Boot Windows Kedalam Mode CLI

3. Setelah anda menyesuaikan settingan nya langsung saja klik Apply guna menerapkan perubahan yang terjadi terhadap Windows anda. Setelah anda klik Apply nanti akan muncull jendela Pop Up dan langsung saja klik Restart Now.

Cara Merubah Settingan Boot Windows Kedalam Mode CLI

4. Kemudian untuk langkah terakhir silahkan anda tunggu proses restart nya dan selamat windows anda yang tadinya Boot dalam Mode GUI ( Memunculkan Logo ) langsung berubah menjadi kumpulan Kode yang berjalan hingga proses booting selesai. 

Ok sahabat techno saya rasa cukup sampai disini dulu ya artikel kali ini, bagi anda yang memiliki pertanyaan ataupun memiliki kritik dan saran langsung saja anda dapat mempergunakan kolom komentar untuk menyampaikain opini anda.