Baca Juga


Techno Evolution - Cara Membuat Aplikasi Pembuat Hotspot Dengan Notepad - Assalamualaikum pengunjung setia blog techno, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan dan memberikan tutorial bagaimana caranya membuat aplikasi pembuat hotspot hanya dengan modal Notepad. Penasaran ? mari kita pelajari bersama - sama.


 cara buat hotspot di laptop, aplikasi hotspot, aplikasi wifi hotspot, aplikasi wifi gratis

Bagi anda yang suka dan sering membagikan koneksi pasti anda sudah sangat kenal dengan aplikasi ini. Yup nama aplikasi ini adalah aplikasi pembuat hotspot, Namun saya yakin sekali anda pasti memiliki sedikit masalah, Yakni sangat sulit sekali menemukan aplikasi yang gratis dan ringan untuk membuat hostpot ini untuk komputer anda.

Cara yang paling mudah untuk membuat hotspot adalah dengan menggunakan Command Prompt dengan menggunakan berbagai perintah khusus untuk membuat hotspot. Namun cara ini terbilang susah - susah gampang. Susahnya kenapa ? susahnya itu kita harus mengingat Perintah untuk membuat Hotspot nya. Mudahnya dimana ? mudahnya itu kita tidak perlu mendownload aplikasi apapun untuk membuat hotspot, Hanya dengan CMD sudah memadai.

Namun ada cara yang lebih mudah dan praktis lagi dalam membuat hotspot ini. Caranya bagaimana ? Caranya kita akan memanfaatkan Notepad untuk membuat aplikasinya dengan memanfaatkan Batch Script. Bagaimana Caranya ? Silahkan anda ikuti langkah - langkahnya .

1. Apa itu Batch Script ?

Sebelum kita masuk ke langkah - langkah pembuatan aplikasinya ada baiknya kita kenali terlebih dahulu apa sih itu Batch Script ?. Seperti yang saya kutip dari id.wikipedia.org :

" Batch Script adalah sebuah teks yang berisi beberapa seri perintah unutk dijalankan oleh intreprenter perintah. atau dapat didefinisikan juga batch script merupakan kumpulan perintah - perintah command line yang dapat dijalankan pada microsoft windows. Berkas intruksi biasanya berekstensi .bat atau .cmd pemrograman batch sangat sederhana, cukup ketik source code program pada notepad atau text editor lainnya lalu simpan dengan ekstensi .bat. "

Nah itulah penjelasan dari wikipedia. Mudahnya begini.
Batch Script adalah serangkain perintah - perintah CMD yang dimasukkan kedalam Notepad atau text editor yang disimpan dalam sebuah file yang berekstensi .bat

Ok kita sudah mengenal apa itu batch script. maka langkah berikutnya ialah membuat aplikasinya . Disini saya tidak akan menjelaskan dasar - dasar dari bacth script. Bagi anda yang tertarik mempelajari bacth script ini silahkan anda pelajari dasar - dasarnya, Tutornya ? di Google Banyak Ya teman - teman. Mungkin nanti lain kali nanti saya akan buat artikel dasar - dasar bacth script.

Bagi anda yang ingin mendownload aplikasi ini silahkan mengunduh nya dibawah :



Ok sekian dulu ya teman - teman tutorial hari ini. Bagi anda yang punya pertanyaan dan saran saya akan sangat senang bila anda mau meluangkan waktu sejenak untuk berkomentar.