Baca Juga


Assalamualaikum pengunjung setia Blog Techno saya rasanya tidak akan pernah merasa bosan untuk selalu menemani anda setiap saat. Dalam kesempatan kali ini mari kita bahas mengenai Search Engine Optimization atau yang lebih populer dengan istilah (SEO).


panduan SEO

Berbicara mengenai SEO tentu diantara anda semua pasti sudah sangat familiar dengan istilah yang satu ini . Terlebih lagi bila anda seorang yang menggeluti dunia Internet Marketing . SEO merupakan sesuatu hal yang harus anda kuasai dalam bermain Internet Marketing . Seorang Blogger pun juga harus tau mengenai Teknik yang satu ini . Tentu banyak sekali teknik SEO yang bisa anda gunakan seperti :


  1. SEO Onpage
  2. SEO Offpage

Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai SEO Offpage . Mengapa SEO Offpage ?? Karena mengenai penanaman backlink itu sendiri dilakukan dengan teknik SEO Offpage . Jadi bagi anda yang ingin memajukan blog atau situs web anda silahkan ikuti tutorial Belajar SEO | Teknik Penanaman Backlink 



1. Pengertian Backlink

Yosh pada pembahasan yang pertama kita akan mengenal terlebih dahulu apa itu sebenarnya backlink . 

Backlink adalah sebuah link yang mengarah langsung pada blog kita yang di Tanam
di website ataupun blog orang lain.

Nah sudah jelas kan apa itu backlink . Jika anda sudah paham mengenai backlink sekarang kita akan mengenal jenis - jenis backlink .


2. Jenis - Jenis Backlink

Setelah anda mengenal backlink sekarang lah saatnya anda mengenal jenis - jenis backlink itu sendiri . Mengenai jenis - jenisnya backlink itu terbagi menjadi 2 macam yaitu :

  1. Backlink DoFollow
  2. Backlink NoFollow
Secara garis besar pembagian backlink itu hanya 2 . Dan kita akan membahasnya sekarang 

A. Backlink DoFollow

Backlink DoFollow adalah sebuah link yang memungkinkan search engine untuk mentelusuri dan mengindex link tersebut . Dengan menggunakan Backlink DoFollow akan berdampak baik bagi pembangunan backlink blog atau pun web kita .

B. Backlink NoFollow

Backlink NoFollow adalah atribut HTML yang mengindikasikan dan memberitahukan search engine bahwa link dengan attribut NoFollow tidak akan berpengaruh terhadap peringkat link di search engine . Dengan menggunakan backlink yang satu ini dapat membantu mengurangi aktivitas spamming link di search engine . 

Yosh setelah anda mengetahui dan dapat membedakan antara backlink dofollow dan nofollow , maka langkah yang terakhir dalam tutorial ini adalah bagaimana cara penarapannya pada blog ataupun web kita dalam persaingan serp pada search engine.

3. Penerapan Backlink Dalam Teknik SEO 

Ada banyak macam cara dalam teknik penanaman backlink itu sendiri . Namun dalam pembahasan kita kali ini kita akan mencoba membangun backlink dengan menggunakan Top Level Domain atau yang biasa dikenal dengan istilah TLD domain . Untuk Top level domain itu sendiri memiliki kelas - kelasnya masing - masing :

  1. Situs .gov

Yah seperti yang tertera diatas untuk level yang paling tinggi tingkat domainnya yaitu .gov
Namun kali ini saya akan mencoba membangun backlink menggunakan domain .edu

Nah ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam membangun backlink di situs - situs milik orang lain , seperti cara anda berkomentar itu harus :

  1. Relevan --> Artinya komentar yang anda berikan masi terkait dengan konten artikel
Nah hal lain yang harus anda perhatikan pula bahwa " Untuk setiap situs .edu harus ada satu url anda " . 
Dan hal terakhir yang harus anda lakukan dalam membangun backlink yaitu anda harus melakukan ping terhadap komentar anda .

Yosh setelah anda mengerti apa saja hal - hal yang harus anda perhatikan dalam penanaman backlink itu sendiri . Sekaranglah saatnya anda mempraktikan caranya :

Silahkan anda salin footprint berikut kehalaman pencarian google :

site:.edu inurl:blog "post a comment" - "you must be logged in" - "comments closed"

teknik penanaman backlink

Yup setelah anda melakukan research backlink nya silahkan anda berkomentar dan masukkan juga alamat email serta url blog anda . Contohnya pada situs seperti ini :



Yosh untuk anda yang masi ingin tanam backlink nya silahkan anda pakai footprint berikut :

site:.edu inurl:blog “post a comment” -”you must be logged in”

site:.gov inurl:blog “post a comment” -”you must be logged in”

“Notify me of follow-up comments?” “Submit the word you see below:”

Yosh silahkan mencoba dan silahkan bereksperimen juga . bilamana ada yang kurang jelas atau anda ingin bertanya silahkan berkomentar 😊