Baca Juga


Assalamualaikum pengunjung setia blog techno . Apa kabarnya nih kalian semua ??? huh apa ??? ada yang kurang sehat ??? . Oke deh buat yang kurang sehat keadaannya saya doakan semoga diberikan kesehatan oleh Allah SWT . Dan untuk yang sehat wal'Afiat mari kita simak Article Berikut ini hehehehe ;).


Oke sob kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat projek baru node.js . Buat kalian yang sudah membaca postingan tentang node.js pasti kalian bingung kan kenapa node.js ini sangat berbeda dengan text-editor dan kenapa bentuknya setelah di run aplikasinya malah yang keluar console cmd doang mana interface nya ??? Tenang sob masalah kalian akan coba kita bahas di sini ;). Buat kalian mungkin yang belum membaca tutorial yang sebelumnya sebaiknya anda baca dulu karena dalam memahami tutorial ini , anda perlu membaca tutorial sebelumnya .



Oke sob dalam membuat sebuah projek baru menggunakan node.js kita bisa menggunakan 2 cara yaitu :


  1.  Menggunakan Text-Editor Seperti Sublime Text , Notepad++ dan text-editor yang lainnya .
  2.  Menggunakan Framework , Yang saya gunakan adalah framework  dari jetBrains yaitu Intelij IDEA 

Oke kita akan membahas cara yang pertama yaitu dengan menggunakan Text-Editor , Kalian bisa menggunakan apapun text-editor yang sudah biasa kalian gunakan disini saya menggunakan Sublime Text-Editor .

['Create Project 1'];
  •  Buat  sebuah folder baru , yang nantinya berfungsi untuk menampung semua project node.js kita . Saya disini membuat sebuah direktori baru dengan nama node.js yang saya letakkan dalam direktori C:/Xampp/htdocs/node.js/
  •  Kemudian buatlah sebuah file baru dengan text-editor kalian  
   



  • Setelah anda membuat file nya kemudian tulislah perintah berikut di text-editor kalian 
console.log("Hello Word Ini Project Pertama node.js saya menggunakan text-editor....");

Simpan Dengan nama helloword.js .

Nah sekarang kita telah berhasil membuat project nya , yang jadi permasalahannya bagaimana cara menjalankannya . Kita akan menggunakan bantuan CMD ["Command Prompt"]; Untuk mengeksekusi file node.js milik kita .

['Testing Project'];

  • Buka Terminal anda , Kemudian anda harus masuk ke direktori dimana anda menyimpan project anda tadi , saya menyimpannya di C:/xampp/htdocs/node.js/ , jadi perintah yang harus saya ketikkan di CMD adalah seperti ini .
cd\ --> berfungsi untuk pindah ke direktori utama C:
C:  --> berfungsi untuk pindah ke direktori C
cd xampp\htdocs\node.js --> berfungsi untuk pindah ke direktori C\xampp\htdocs\node.js

Setelah kita berada di direktori node.js , sekarang kita akan menjalankan project kita dengan perintah :
node hello_word.js --> node berfungsi untuk memanggil fungsi node.js sedangkan hello_word.js adalah nama file project yang barusan kita buat .





Oke Sob cara pertama sudah selesai . Sekarang kita akan membuat project baru node.js menggunakan framework Intellij IDEA . Hal utama sebelum membuat project node.js menggunakan intellij IDEA adalah kita harus mendownload serta menginstall nya di PC kita .
['INSTALASI INTELLIJ IDEA'];

Untuk mengunduh package Intellij IDEA anda dapat merujuk ke situs resmi JetBrains --> Intellij IDEA 
Silahkan anda klik download dan silahkan anda pilih Ultimate 
Setelah selesai mengunduh package Intellij IDEA anda harus menginstallnya , Install seperti aplkasi lainnya . 

['INTALLING PLUGIN NODE.JS'];


Setelah anda menginstall Intellij IDEA , sekarang kita harus menginstall plugin node.js . Buka Aplikasi Intellij IDEA nya . 
Saat pertama kali membuka node.js akan muncul pemilihan tema Intellij IDEA nya silahkan anda pilih mau yang terang atau yang gelap . Kemudian setelah pemilihan tema langsung anda next saja sampai ke pemilihan plugin . Setelah sampai di Pemilihan Plugin anda harus menginstall plugin node.js klik install pada node.js , Tunggu hingga proses instalasi selesai . 
['CREATING PROJECT'];

Setelah semua persiapan selesai mari kita buat project nya . 
Buka Intellij IDEA nya pada saat pertama kali membuka anda akan diminta untuk memilih opsi project pilih yang static web . Setelah itu anda akan diminta lagi untuk menentukan direktori project nya setelah selesai menentukan lokasi project anda langsung saja klik ok maka setelah itu mari kita buat project nya ....
1. Untuk membuat file javascript klik kanan pada folder anda dan pilih new -> javascript dan ketikkan hello_word.js kemudian klik ok
Nah sekarang ketikkan perintah 
console.log("Hello Word Ini Program Pertama saya ....");
Untuk menjalankan program kita klik kanan di tengan area stage Intellij IDEA dan pilih run Hello_Word.js --> Hello_Word.js adalah nama file nya .

Setelah kita klik run Hello_Word.js maka akan tampil hasinya seperti gambar dibawah ini .


Oke saya rasa cukup itu dulu . Bila anda memiliki kritik dan saran monggo saya tunggu komentar anda .