Baca Juga


Assalamualaikum Pengunjung Setia Blog Techno, Alhamdulillah akhir - akhir ini saya sudah dapat mengupdate artikel sekurang - kurangnya 1 minggu 2 kali . Namun sobat Techno tenang saja Insya Allah saya akan update blog ini sehari sekali hehehe . Oke sob pada pembahasan kali ini kita akan sedikit bermain - main dengan sistem operasi windows .


Cara mempercepat proses shut down windows 7 , 8 , dan 10 , speed up windows, optimalisasi windows

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu sistem operasi terbesar dan terbaik di Dunia ini . Selain karena tampilan grafisnya yang menarik, windows juga merupakan sistem operasi dengan kegunaan yang beragam seperti, Editing, Programming, Mengetik, hingga pembuatan - pembuatan proyek besar juga dapat melibatkan sistem operasi milik Microsoft ini. Namun dibalik segudang kehebatan yang dimiliki oleh raksasa Microsoft ini ternyata windows juga memeliki beberapa permasalahan mendasar. Salah satunya adalah terlalu lama dalam proses shutting down atau mematikan sistem operasinya . Bagi Anda yang sering mengalami atau sedang mengalami hal ini, sekaranglah kita akan mengoprek bagaimana cara mengatasinya .

Biasanya dalam proses mematikan windows set interval waktu yang diperlukan oleh sistem kurang lebih 20 detik untuk mematikan seluruh file sistemnya. Namun Anda saat ini tidak perlu menunggu terlalu lama lagi, karena kita akan mencoba membuat proses shut down windows Anda menjadi 3x lebih cepat dari biasanya . Tanpa perlu berlama - lama lagi mari kita mulai saja tutorial Cara Mempercepat Proses Shut Down Pada Windows 7,8, Dan 10



Pada tutorial ini kita tidak akan menggunakan bantuan tools apapun, kita akan memanfaatkan fitur regedit pada sistem operasi windows. Oke silahkan Anda simak baik - baik tutorialnya.

Cara Mempercepat Proses Shut Down Pada Windows 7,8, Dan 10

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka regedit dengan cara, Silahkan Anda buka windows run dengan langkah tekan tombol windows dan tombol R secara bersamaan pada keyboard Anda . Dan pada kolom windows Run silahkan ketikkan Regedit dan Enter.


cara mempercepat proses shutdown windows, cara mempercepat proses shutdown windows dengan regedit

Jika sudah maka Anda akan melihat jendela Regedit . Seperti ini kira - kira 



Nah apabila Anda telah sampai pada tahap ini, langkah berikutnya adalah dengan mengakses folder HKEY_LOCAL_MACHINE pada jendela regedit Anda . Silahkan Anda klik tanda panah kecil disamping folder HKEY_LOCAL_MACHINE untuk membuka foldernya. 



Langkah berikutnya silahkan Anda pilih lagi folder SYSTEM 



Next, Silahkan Anda akses lagi folder CurrentControlSet yang letaknya berada didalam folder SYSTEM



Langkah berikutnya silahkan Anda klik folder Control yang berada didalam folder CurrentControlSet. Untuk folder ini jangan Anda klik tanda panah kecilnya, kenapa ??? karena pada folder inilah kita akan mengatur seberapa lama windows anda memerlukan waktu untuk melakukan shut down .  



Nah langkah berikutnya silahkan anda klik ganda atau double klik pada file WaitToKillServiceTimeout yang berada pada sebelah kanan jendela regedit Anda 




Nah pada kolom value data tentu akan sangat berbeda - beda angkanya sesuai dengan waktu shut down laptop Anda masing - masing. Nah untuk mempercepat proses shutdownya silahkan Anda ganti angka pada kolom value data nya dengan angka 5000, maksud dari angka 5000 adalah 5 detik . Jadi intinya begini kita akan memaksa windows untuk melakukan proses shutting down pada waktu lima detik .



Apabila Anda sudah selesai mengeset waktunya silahka Anda klik tombol ok dan restart laptop Anda . Dan rasakan perbedaannya heheheh .

Oke sob cukup segini dulu tutorial hari ini ya, bagi Anda yang memiliki pertanyaan atau pun saran saya akan sangat senang bila Anda mau meluangkan waktu Anda untuk berkomentar.