Baca Juga


Assalamualaikum Teman - teman kali ini saya akan sedikit meninggalkan topik pembahasan Pemrograman Web Html 
Khusus pada edisi kali ini saya akan membahas cara membuat Blog sampai tuntas 
Jadi ikuti terus ya guys tutorial ini 😏 .




Pada jaman serba moderen ini siapa sih yang tidak mengenal Blog ??? saya rasa tidak ada terkecuali suku pedalaman hehehhe . Namun mari kita tinggalkan pembahasan mengenai suku pedalaman itu dan  kita fokuskan untuk topik yang akan kita bahas ini . Sebelum kita melangkah terlalu maju kan tidak ada salahnya kita kupas sedikit mengenai asal muasal Blogger ini . 

Sejarah Singkat Blogger 
 
Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs 
Dan diakuisisi oleh Google pada 2003 . Secara umum blog yang di host oleh google berada dibawah subdomain .blogspot.com 
Sumber id.wikipedia 

Nah setelah kita mengetahui sejarah dan atar belakang blogger , maka sekarang mari kita buat sebuah blog yang langsung dapat anda gunakan 100% . 
Saya juga akan membagikan cara mengganti template + cara mengeditnya + cara memasukkan ke google supaya terindex dengan Baik Insya Allah . 
Jadi bagi anda yang penasaran bisa lanjut membaca tutorial saya ini 

Cara Membuat Blog 

Jika anda ingin membuat sebuah blog anda tidak harus membayangkan bahwa membuat blog itu rumit . Pada kenyataannya membuat blog itu sangatlah mudah sekali . 
Anda hanya perlu akun Google atau yang biasa di sebut Gmail . Oleh karena itu mari langsung kita Praktekan langsung saja :

  1.  Siapkan Sebuah Akun Google + / Gmail saya sarankan usia minimal Akun anda harus 18+ 

  2. Setelah Anda memiliki akun Google + / Gmail silahkan anda buka blogger pada pencarian Google 

  3. Jika sudah langsung saja anda klik Link Masuk yang berada pada pojok kanan browser anda 

  4. Selanjutnya anda akan diminta login dengan akun Gmail yang telah anda buat . Silahkan anda login dengan akun tersebut 



  5. Setelah anda login anda akan dibawa ke halaman buat Blog baru . Nah silahkan anda klik Buat Blog Baru 

  6. Jika sudah langung saja anda masukkan judul serta Alamat blog Anda . Saran saya antara Judul dan Alamat Blog jangan berjauhan Penamaannya Contoh seperti Blog Saya Judul : Techno Evolution Alamat:techno-evolutioner dan setelah selesai langsung anda klik Buat Blog

  7.  Yosh setelah semua tahapan itu anda lakukan dengan seksama maka blog anda sudah selesai dan siap untuk anda gunakan . Namun pada tahapan ini blog anda masih menggunakan Template default atau Template bawaan dari Google jadi supaya blog anda lebih menarik kita harus menggantinya terlebih dahulu \


  8. Nah beginilah tampilan blog yang sudah saya buat , tentu tampilan blog anda akan berbeda - beda mungkin tergantung kepada selera anda masing - masing 



Cara Mengganti Dan Mengedit Template Blog

 Baik setelah kita telah membuat Sebuah Blog tahapan selanjutnya adalah mengganti dan mengedit Template Blog Kita . Ya pada tahapan ini anda dituntut lebih fokus dan serius karena kita akan bermain sedikit coding disini . 


Cara Mengganti Template

  1. Silahkan anda cari di Google Goyabi Template , Kita akan menggunakan Template Dari Goyabi . Kenapa Goyabi ??? Karena Menurut saya pribadi Template Di Goyabi Lengkap dan mudah dalam menggunakannya

 2. Setelah anda klik goyabi anda akan di bawa kehalaman homepage Goyabi , Nah pada tahapan ini silahkan anda klik Seo Ready Template





 3. Nah Sekarang Anda Tinggal Memilih Template Mana Yang Akan Anda Gunakan 

4. Pada tutorial ini saya akan menggunakan Template Simlify 2 . Nah bila anda suka Salah Satu Templatenya Silahkan Anda Klik Template Tersebut . Setelah itu langsung Klik Download Saja . 

 5. Setelah Anda Download Templatenya silahkan anda buka kembali Blogger anda dan Klik Menu Template dan Klik Lagi Menu cadangkan/pulihkan . 

  6. Kemudian Silahkan Anda upload template yang sudah anda download tadi , sebagai catatan sebelum anda upload template yang sudah anda download harus anda extrack terlebih dahulu , Silahkan Anda pilih yang berekstensi .xhtml .

   7. Setelah itu langsung saja anda klik unggah 

  8. Nah setelah proses mengunggah selesai ..... Selamat blog anda sudah berganti Template sekarang . Pada tahapan berikutnya kita akan mengedit bagian menu dari Template yang sudah anda unggah . 



Cara Edit Template Blog

 Yosh akhirnya kita sampai pada tahapan yang menurut saya agak rumit ini . Kenapa ??? Ya karena pada tahapan ini anda harus jeli dalam mengedi syntax - syntax html yang ada pada Template anda . 
So langsung cekidot saja :

  1. Masih pada Menu Template silahkan anda klik menu Edit Html untuk mengedit template kita  

  2. Setelah itu anda akan dibawa ke halaman editor code Blogger . Disinilah kita akan bersenang - senang 

  3. Nah setelah itu langsung saja anda scroll ke bawak hinggan anda mendapatkan code yang seperti ini kira - kira . Untuk tiap Template kemungkinan akan berbeda so sesuaikan dengan template anda ya .

  4. Nah setelah ketemu langsung saja anda edit tulisan yang berwarna hitam tersebut dengan nama menu yang anda inginkan pada blog anda . Setelah selesai silahkan anda klik simpan Template . 



Cara Menghubungkan Artikel Dengan Menu Pada Template Blog

 Pada tahapan ini kita akan menghubungkan Menu yang sudah kita Edit barusan Dengan Artikel yang akan kita buat . 
Sok Atuh Tutorialnya :
  
  1. Pertama anda harus membuat sebuah artikel baru . Caranya silahkan anda klik menu Pos dan klik lagi link buat entry baru 

  2. Setelah itu silahkan anda buat artikel anda . Jika sudah selesai silahkan anda buat sebuah label untuk artikel anda . Sebagai contoh saya akan membuat tutorial mengenai cara membuat blog jadi saya akan membuat label Tutorial . 

  3. Kemudian silahkan anda buka kembali menu Template dan klik menu Edit Html kemudian scroll hingga anda menemukan code menu Template Anda. Setelah itu silahkan anda masukkan alamat blog anda /search/label . Untuk lebih jelas silahkan anda lihat gambar saya 

  4. Jika sudah silahkan anda klik simpan Template dan lihat hasilnya . Okey kita sudah melewati tahapan per tahapan dalam membuat blog tahapan selanjutnya akan saya bagikan kepada anda bagaimana memasukkan blog anda ke googlewebmaster tool sehingga blog anda nantinya mudah di index / dilacak google . 


Cara Memasukkan Blog Ke GoogleWebMaster Tool

  Okey selanjutnya silahkan anda buka GoogleWebmaster Tool . 
Cekidot Tutornya gan :

  1. Buka Google Webmaster Tool 


  2. Masukkan nama Blog anda


  3. Kemudian silahkan anda klik metode Alternatif guna mengambil meta tag google WebMaster Verification



  4. Langkah berikutnya Silahkan Anda Copy dan Pastekan Meta Tag Google WebMaster Tool ke dalam script atau code Template anda tepat di dalam tag head