Baca Juga


5 Jenis Virus Komputer Dan Cara Mengatasinya - Virus merupakan sebuah tipe file yang sangat berbahaya apabila sudah menyusupkan dirinya kedalam sistem komputer anda. Banyak sekali kerugian yang akan dilakukan oleh virus ini, mereka bisa melumpuhkan, mencuri, bahkan merusak sistem dan mencuri data pada komputer anda.


jenis virus komputer paling berbahaya


Serangan virus dalam beberapa dekade terakhir sudah menanjak tajam, banyak sekali komputer - komputer yang terinveksi virus dengan berbagai macam metode. Diantaranya dengan pertukaran data, pengunduhan data, hingga browsing data juga bisa memancing virus - virus jahat tersebut masuk kedalam sistem komputer anda. 

Pada berbagai kasus software antivirus yang anda install dan jalankan pada sistem operasi anda terkadang tidak mampu menangkal beberapa macam serangan virus - virus ini. Virus - virus ini menyusupkan dirinya kedalam sebuah software untuk anda install pada sistem operasi anda. Dalam dunia cyber sendiri dikenal berbagai macam jenis - jenis virus ini, namun pada pembahasan kali ini kita akan mengulas berbagai virus yang paling berbahaya bagi computer anda.

1. Ransomware


jeni - jenis virus komputer

Ransomware Merupakan sebuah virus komputer yang sangat - sangat berbahaya apabila sudah masuk kedalam sistem komputer anda. Virus ini memungkinkan untuk mengunci Perangkat lunak dan data - data didalam komputer anda. Virus ini akan melepaskan data - data anda apabila anda sudah membayar tebusan kepada para pembuat virus ini. Salah satu Ransomware yang paling dikenal hingga saat ini adalah, Wannacry. Wannacry adalah Ransomare yang menyandera data - data anda dan meminta tebusan berupa sejumlah bitcoin untuk melepaskan komputer anda. 

2. Trojan


virus komputer paling berbahaya

Trojan Merupakan sebuah jenis virus komputer yang mampu mengontrol hingga mencuri data - data pada komputer anda. Virus yang satu ini masuk melalui Internet dan juga email yang dikirimkan langsung kepada korban. Apabila anda mengklik atau mengakses sebuah email yang sudah disisipkan virus trojan didalamnya, maka yakinlah komputer anda sekarang sudah benar - benar terinfeksi salah satu virus paling berbahaya ini.

3. Worm

Worm Merupakan sebuah virus yang akan sangat berbahaya apabila ia berhasil mensusupi komputer anda. Virus ini mampu menggandakan diri dengan sangat cepat. Virus ini akan memenuhi kapasitas harddisk anda apabila dibiarkan begitu saja. Virus Worm ini bisa masuk ke komputer anda melalui pertukaran data dan berbagai metode lainnya.

4. Malware


apa itu malware

Malware merupakan sebuah program yang dirancang untuk mencari dan mengeksploitasi kelemahan pada sebuah komputer hingga menginveksi komputer tersebut. Perangkat yang sudah terinfeksi virus ini akan menjadi lamban dan mengalami masalah pada pengoperasiannya. Virus ini masuk ke komputer melalui apikasi yang kita install, pengiriman data, atau bisa juga terinfeksi dari pernagkat lain yang sudah terlebih dahulu terkena virus ini.

5. Spyware 



Spyware merupakan sebuah virus yang diprogram untuk memata - matai aktifitas dari komputer korban. Virus yang satu ini bisa masuk kedalam komputer anda tanpa anda sadari. Spyware memungkinkan untuk memata - matai bahkan mencuri data - data penting dari komputer anda, semisal data - data perbankan anda dapat dicuri oleh virus yang satu ini.

Oke baiklah sobat techno cukup sekian dulu ya ulasan mengenai 5 Jenis Virus Komputer Paling Berbahaya Hingga Saat Ini. Apabila anda memiliki pendapat dan komentar silahkan sampaikan aspirasi anda pada kolom komentar yang akan selalu terbuka untuk anda .